logo
×

Jumat, 23 Juni 2017

Alhamdulillah.. Turki Berminat Membangun Sekolah di Aceh

Alhamdulillah.. Turki Berminat Membangun Sekolah di Aceh

NUSANEWS, JAKARTA - Pemerintah Turki akan membangun beberapa sekolah di Provinsi Aceh. Lebih dari itu, Turki juga akan mendatangkan guru-guru langsung dari negara tersebut.

Duta Besar Turki untuk Indonesia, Mehmet Kadri Sander Gurbuz, mengemukakan rencana itu dalam pertemuannya dengan Wali Kota Banda Aceh, Hj Illiza Saaduddin Djamal, dan Wakil Wali Kota Banda Aceh, Zainal Arifin.

Dikabarkan Antara, dalam pertemuan yang berlangsung Senin (19/6), Mehmet Kadri dan Wali Kota Banda Aceh serta jajaran membicarakan kerja sama Turki dengan Aceh, khususnya Pemerintah Kota Banda Aceh.

Mehmet Kadri mengatakan kerja sama prioritas adalah bidang pendidikan. Meski begitu, bidang lain seperti pariwisata, ekonomi, seni dan budaya hingga konstruksi juga akan dijajaki.

Selain membangun beberapa sekolah di Aceh, lanjut dia, pihaknya akan membuka peluang kerja sama bidang konstruksi. Apalagi perusahaan konstruksi Turki yang terbaik di dunia dan bisa saja hadir di Banda Aceh.

"Ada banyak infrastruktur yang bisa dikerjakan perusahaan konstruksi Turki seperti pembangunan jalan dan jalan layang. Dan bisa saja mereka hadir di Banda Aceh," kata dia.

Menyangkut dengan kerja sama pariwisata, lanjut dia, investor Turki tertarik dengan Aceh. Begitu juga dengan turis Turki, juga tertarik berkunjung ke Aceh. Apalagi sejarah mencatat hubungan Aceh dan Turki pada masa lalu begitu hebat.

Wali Kota Illiza menyambut baik rencana pembangunan beberapa sekolah oleh Turki termasuk mendatangkan langsung guru-guru dari Turki tersebut.

"Kerja sama Aceh dan Turki sudah ada sejak dulu. Ketika Aceh dan Turki membangun kerja sama, ini adalah kekuatan besar Islam," kata Hj Illiza Saaduddin Djamal. (ar)
Follow
Terkoneksi dengan berbagai Sosial Media kami agar tetap terhubung dan mengetahui Informasi terkini.
Jangan Lupa Subscribe YouTube DEMOKRASI News: