logo
×

Minggu, 05 Mei 2019

Lajnah Falakiyah PBNU Berhasil Lihat Hilal Ramadhan Di Empat Titik

Lajnah Falakiyah PBNU Berhasil Lihat Hilal Ramadhan Di Empat Titik

NUSANEWS - Lajnah Falakiyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) melaksanakan rukyatul hilal, atau melihat secara langsung hilal bulan Ramadhan 1440 H.

Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj mengatakan, rukyatul hilal secara langsung dilakukan sejumlah titik di seluruh Indonesia. Hasilnya, ada empat laporan dari petugas yang berhasil melihat hilal Ramadhan 1440 H.

"Ada laporan yang sudah masuk, empat titik berhasil melihat hilal. Indonesia timur sama sekali tidak berhasil karena mendung tebal. Indonesia tengah sama. Indonesia barat di Gresik di Pantai Condrodipo, melihat hilal pada jam 17.24, tinggi hilal 5 derajat, dan sudah disumpah oleh Pengadilan Agama setempat," ujar Kiai Said.

Ia menjelaskan, petugas yang berhasil melihat hilal di Gresik adalah Sdr. Solahuddin, Haji Asyhar, dan Inwanuddin.

Selanjutnya, hilal juga tampak di Tanjung Kodok Lamongan. Petugas yang berhasil melihat adalah KH Asmuni, yaitu pada pukul 17.29. Dengan ketinggian hilal 5 derajat.

Kemudian hilal tampak di Pantai Gebang Bangkalan, Madura. Sementara laporan keempat datang dari Pelabuhan Ratu.

"KH Yahya melihat pada pukul 17.58, dengan tinggi hilal 5 derajat," imbuhnya.

"Berdasarkan rukyatul hilal yang berhasil dilakukan oleh petugas di empat titik, kita bisa simpulkan pada 1 Ramadhan jatuh pada besok hari Senin, 6 Mei 2019," pungkas Kiai Said.

SUMBER