logo
×

Kamis, 12 September 2019

Calon Ibukota Baru Diselimuti Kabut Asap, BNPB Balikpapan Bagikan Masker ke Pemotor

Calon Ibukota Baru Diselimuti Kabut Asap, BNPB Balikpapan Bagikan Masker ke Pemotor

DEMOKRASI - Calon Ibukota baru di Kalimantan Timur diselimuti asap, sehingga BNPB Balikpapan membagikan masker kepada pemotor.

Hingga kini, kabut asap masih selimuti di wilayah Kota Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur pada Rabu (11/9/2019) pagi

Dengan kondisi seperti itu, berbagai pihak seperti dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Daerah Kota Balikpapan membagikan masker ke para pemotor.

Hal ini disampaikan Hendro Ciput, satu di antara relawan Palang Merah Indonesia Kota Balikpapan.

Dirinya menyebutkan, pembagian masker ke pengguna kendaraan bermotor ini dilakukan akibat adanya kabut asap yang masih selimuti Kota Balikpapan.

Ada beberapa titik yang jadi program pembagian masker, di antaranya di daerah perempatan kawasan gedung Dome Center, Sepinggan, Balikpapan Selatan.

Sejauh ini pembagian masker tersebut diperuntukan utamanya bagi para pengendara sepeda motor.

Hal serupa terjadi di Penajam Paser Utara juga ada kabut asap membuat beberapa orang harus mengenakan masker.

Bukan cuma Balikpapan, kabut asap tebal selimuti wilayah Kelurahan Petung, Kecamatan Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Kabut asap menyelimuti sepanjang wilayah kelurahan Petung, menuju Desa Giripurwa dan Desa Girimukti, Penajam Paser Utara.

Penyebab asap tidak bisa dipastikan, namun kemungkinan besar berasal dari kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di RT 11 dan 12 Kelurahan Petung dan RT 03 Desa Giripurwa yang masih dalam penanganan petugas.

Kebakaran lahan jenis gambut tebal tersebut, terjadi sejak Minggu (6/9/2019) pukul 19.03 Wita dan masih belum padam hingga saat ini.

Luasan area yang terbakar sementara sekitar 80 hektare.

"Pemadaman sementara dihentikan oleh tim gabungan perhari ini pukul 19.00 Wita dan akan dilanjutkan besok pagi pukul 08.00 Wita," kata Kasubid Logistik dan Peralatan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) PPU, Nurlaila, dikutip dari grup whatsapp Pusdalops BPBD PPU, Selasa (10/9/2019). [tn]
Follow
Terkoneksi dengan berbagai Sosial Media kami agar tetap terhubung dan mengetahui Informasi terkini.
Jangan Lupa Subscribe YouTube DEMOKRASI News: