logo
×

Sabtu, 09 November 2019

Bikin Geger, Puluhan Makam di Tasikmalaya Terbongkar Misterius

Bikin Geger, Puluhan Makam di Tasikmalaya Terbongkar Misterius

DEMOKRASI.CO.ID - Warga dibuat geger oleh kondisi 27 makam yang diduga sengaja dibongkar di TPU Pakemitan, Desa Pakemitan, Cikatomas, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat. Makam itu tidak dibongkar seluruhnya, terlihat tanah bagian tempat kepala jenazah disemayamkan yang melompong akibat penggalian.

"Ada dua puluh tujuh makam yang digali. Tapi nggak semua (digali total), hanya bagian pas kepala jenazah saja, itu pun nggak dalam," kata Sekretaris Desa Pakemitan M. Isak melalui sambungan telepon, Jumat (8/11/2019)

Ia menjelaskan nisan pada 27 makam itu tidak rusak. Cuma tanah saja yang digali hingga menutup nisan berbahan batu dan marmer. Kedalamanya galian diperkirakan 20-50 sentimeter.

Ada 27 makam di TPU Pakemitan Tasikmalaya yang kondisinya dibongkar pada tempat bagian kepala jenazah. (Foto: ist.)

Khawatir tanah galian makam ini semakin dalam dan melebar, pihak masing-masing keluarga jenazah menutupnya kembali. Proses penutup makam tersebut dibantu warga setempat.

"Tadi warga sudah turun ke lokasi. Mereka tutupi lagi makam yang digali agar tidak semakin dalam," ucap Isak.

Belum diketahui ada atau tidaknya bagian jenazah yang hilang dan dibawa orang misterius pembongkar makam. Personel Polsek Cikatomas sudah turun ke lokasi untuk penyelidikan.

"Kita masih cek informasinya kekepolisian Sektor Cikatomas, mohon waktu ya," ucap Kapolres Tasikmalaya AKBP Dony Eka Putra singkat.

Warga berencana ronda malam di sekitar area makam tersebut dan mencari pelaku bongkar makam. [dtk]
Follow
Terkoneksi dengan berbagai Sosial Media kami agar tetap terhubung dan mengetahui Informasi terkini.
Jangan Lupa Subscribe YouTube DEMOKRASI News: