Jokowi Ingin Ibu Kota Baru RI Kalahkan Dubai
logo

Jokowi Ingin Ibu Kota Baru RI Kalahkan Dubai

Jokowi Ingin Ibu Kota Baru RI Kalahkan Dubai

DEMOKRASI.CO.ID - Jokowi punya mimpi baru. Presiden bernama lengkap Joko Widodo ini ingin menjadikan ibu kota negara baru di Kalimantan Timur, sebagai kota terbaik di dunia.

"Kita memang mimpinya memang harus tinggi," ujar Jokowi, dikutip dari Liputan6.com, Rabu 6 November 2019.

Dia mengatakan, ibu kota negara yang baru harus bisa melebihi Dubai, Uni Emirate Arab (UEA), yang memiliki kota paling bahagia. Dia ingin ibu kota baru tersebut menjadi kota terbaik dan paling inovatif di dunia.

"Jika Dubai punya jargon the happiest city on the earth, ibu kota baru nanti, the best on earth, yang cleanest city, the most innovative city, dan the most yang lainnya," tambah Jokowi.

Ibu kota baru, tambah mantan Gubernur DKI Jakarta itu, bukan hanya memindahkan istana dan kantor pemerintah saja. Dia ingin, pembangunan kota yang cerdas.

"Saya hanya bayangkan, di sana nanti ada cluster pemerintahan, ada cluster teknologi dan inovasi seperti Silicon Valley. Ada cluster pendidikan, universitas terbaik ada di sana, cluster layanan kesehatan, dan cluster wisata," kata dia.

Jokowwi ingin penghuni ibu kota baru menggunakan moda transportasi yang bebas emisi.

"Bukan hanya kota pemerintahan. Kota baru juga kota bisnis. Tetapi bisnis yang bebas emisi, atau industri yang bebas emisi yang pekerjakan orang kelas dunia," ucap dia.

Jokowi mengklaim, Google Global Talent juga ingin hadir di ibu kota baru tersebut.

"Diaspora kita akan pulang dan menarik orang hebat dunia untuk tinggal di sini. Hal ini akan terjadi jika kota ini sediakan lapangan kerja yang berkelas," kata dia. [dr]
loading...