logo

Kamis, 16 Januari 2020

TNI Grebek Markas KKB Papua, Seorang Anggota KKB Tertembak

TNI Grebek Markas KKB Papua, Seorang Anggota KKB Tertembak

DEMOKRASI.CO.ID - Pasukan TNI telah menemukan markas kelompok kriminal bersenjata (KKB) yang selama ini berulah di Kabupaten Intan Jaya, Papua. Wakil Kapendam XVII/Cenderawasih Letkol Inf Dax Sianturi menyebutkan markas KKB tersebut ditemukan di sebuah perkampungan di Distrik Titigi.

Mengetahui kehadiran pasukan TNI, para anggota KKB kabur.  Pasukan sempat melepaskan tembakan.

"Kita sempat lepaskan tembakan dua kali, yang pertama diyakini berhasil mengenai salah seorang KKB yang kemudian digotong oleh teman-temannya ke dalam sebuah honai," kata Dax saat dihubungi, Kamis (16/1).

Dari pantauan di lapangan, menurut Dax, jumlah anggota KKB yang ada di perkampungan tersebut sekitar 70 orang. Selain itu, jumlah senjata api yang ada di markas KKB tersebut sekitar 20 pucuk senjata. Namun, setelah para anggota KKB kabur, pasukan TNI tidak melakukan pengejaran.

"Saat ini kita siaga I untuk mengantisipasi adanya balasan dari KKB," ujarnya.
Dax menyebutkan, KKB yang ada di Distrik Titigi merupakan gabungan dari dua kelompok, yaitu kelompok pimpinan Lekagak Telenggen dan Militer Murib. Kedua kelompok tersebut sebelumnya bermarkas di wilayah Kabupaten Puncak. Belum diketahui mengapa mereka berada di Intan Jaya.

Operasi TNI menguasai markas KKB Papua juga pernah terjadi di Nduga. Bahkan, hal itu membuat pimpinan KKB Papua, Egianus Kogoya geram.

Egianus Kogoya adalah pimpinan KKB Papua yang selama ini meresahkan warga. Ia bersama kelompoknya sering melakukan perlawanan terhadap aparat. Kogoya  sesumbar tak akan mundur dan mengancam akan melakukan aksi balas dendam kepada TNI dan aparat.  [rmol]

Komentar Pembaca

loading...