Wahyu Setiawan Dituduh Keturunan Tokoh PKI
logo

Wahyu Setiawan Dituduh Keturunan Tokoh PKI

Wahyu Setiawan Dituduh Keturunan Tokoh PKI

DEMOKRASI.CO.ID - Akun Facebook bernama otak Otak Logik membagikan unggahan mengenai mantan Komisioner KPU Wahyu Setiawan adalah cucu Ketua Pertama PKI Semaun. Parlabean Naburju pada 12 Januari 2019 lalu.

“Oh ternyata komisioner yg kena OTT dan yg menangin Jokoun itu anak P Slamet dan P Slamet anak si Semaun gembong PKI asli jombang setali tiga uang donk. Neo communist! Embahnya si wahyu setiawan,” kata narasi yang ditulis akun Parlabean Naburju.

Kabar itu dilengkapi kolase berisi empat foto yakni foto Semaun mengenakan belangkon, foto pria yang disertai tulisan nama Slamet Samaun, foto Wahyu Setiawan, dan capture profil singkat Semaun. Namun, berdasar penelusuran biografi keluarga Semaun, informasi itu jelas salah.

Dari sejumlah referensi, Semaun memiliki empat anak dari dua pernikahan. Dari istri pertama, lahir putra pertama bernama Logika Sudibyo. Disusul kemudian seorang putri yang diberi nama Aksioma.

Saat menjalani pengasingan di Amsterdam, Semaun menikah dengan perempuan Soviet bernama Valentina Iwanowa. Dari pernikahan itu dia memiliki dua anak. Yang pertama Rono Semaun dan yang kedua Elena Semaun. Sama sekali tidak ada nama Slamet Semaun yang diklaim sebagai ayah Wahyu Setiawan.

Begitu juga foto unggahan akun Parlabean Naburju yang diberi keterangan nama Slamet Samaun. Saat ditelusuri, foto itu pernah diunggah situs konstituante.net dengan keterangan nama Slamet S.

Kepanjangan inisial S dalam nama tersebut tidak dijelaskan. Slamet memang anggota PKI dari Madiun, lahir pada Februari 1928, dan pernah menjabat anggota Konstituante Republik Indonesia 1956–1959. Dokumen asli tentang Slamet S. yang ditulis dengan tulisan tangan dan difoto secara langsung juga tidak pernah menyebutkan bahwa nama belakang pria itu adalah Semaun ataupun Samaun. Sepertinya ada tangan jahil yang menambahkan nama Samaun untuk kepentingan menyebar hoax.

Kabar bahwa Semaun memiliki anak bernama Slamet dan Slamet memiliki anak bernama Wahyu Setiawan adalah klaim yang sesat. Semaun hanya memiliki empat anak dari dua istri yang berbeda. Mereka adalah Logika Sudibyo, Aksioma, Rono Semaun, dan Elena Semaun.[ab]
loading...