logo
×

Minggu, 09 Februari 2020

Bukan Cuma Corona, Ekonomi RI Bakal Tumbang Jika Kombatan ISIS Pulang

Bukan Cuma Corona, Ekonomi RI Bakal Tumbang Jika Kombatan ISIS Pulang

DEMOKRASI.CO.ID - Wacana pemulangan eks penganut ideologi Islamic State of Iraq and Suriah (ISIS) masih ramai diperbincangkan karena bakal memberikan dampak yang cukup signifikan di Indonesia.

Fatalnya, bukan hanya dampak keamanan yang terancam dari kebijakan ini. Tetapi, dampak ekonomi pun juga ikut terancam.

Begitulah predikasi Ketua Umum DPD Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia (HIPPI), Sarman Simanjorang dalam siaran persnya yang diterima Kantor Berita Politik RMOL, Minggu (9/1).

"Wacana pemulangan eks ISIS kembali ke tanah air secara psikologis akan mengganggu iklim usaha dan investasi," kata Sarman Simanjorang.

Wakil Ketua Umum DPP Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI) ini kemudian menyarankan kepada pemerintah memikirkan secara matang sebelum memutuskan membawa 600 kombatan ISIS dari Timur Tengah.

Sebab, dijabarkan lebih lanjut oleh Sarman Simanjorang, pelaku usaha tidak hanya memastikan kemudahan regulasi saat ingin menanam modal di Indonesia. Akan tetapi, aspek keamanan dan kenyamanan juga menjadi indikator yang diperhitungkan.

"Untuk menarik investor masuk ke Indonesia, di samping memberikan kemudahan melalui regulasi dan insentif, tidak kalah penting adalah kita juga harus mampu memberikan jaminan keamanan dan kenyamanan," ucap Sarman Simanjorang.

"Akan sia-sia semua program omnibus law cipta lapangan kerja jika wacana pemulangan eks ISIS ini terus bergulir," sambungnya. (rmol)
loading...