logo
×

Sabtu, 29 Februari 2020

Heboh Wabah Corona, Ini Kebijakan Darurat Pemerintah Hadapi Resesi Ekonomi

Heboh Wabah Corona, Ini Kebijakan Darurat Pemerintah Hadapi Resesi Ekonomi

DEMOKRASI.CO.ID - Pemerintah telah menyiapkan langkah darurat di sektor ekonomi terkait wabah virus corona atau Covid-19 yang berdampak pada resesi ekonomi dunia. Kebijakan darurat itu disiapkan dalam paket kebijakan ekonomi nasional.

Begitu disampaikan Tenaga Ahli Utama Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Dany Amrul Ichdan melalui sambungan telepon, Sabtu (29/2).

"Tentu kita sudah menyiapkan paket kebijakan ekonomi. Pertama, pemerintah mendorong agar belanja pemerintah bisa ditingkatkan, baik melalui projek infrasturtur yang padat karya, padat modal, dan padat penyerapan tenaga kerja," kata Amrul Ichdan.

Hal itu, kata Amrul Ichdan, merupakan hal mendasar yang sangat penting untuk mengontrol perputaran keuangan ditengah masyarakat agar tetap berjalan dengan optimal.

"Kedua pemerintah juga memberikan insentif kepada sektor pariwisata dengan memberikan paket diskon sampai dengan 50% untuk pesawat untuknmenggerakan laju pariwisata," bebernya.

Ketiga, lanjut Amrul Ichdan, pemerintah juga akan mempercepat untuk bantuan jaminan sosial, penambahan anggaran JKN (Jaminan Kesehatan Nasional), KIS (Kartu Indonesia Sehat), Program Keluarga Harapan (PKH).

"Paket kartu yang kita akan optimalkan bantual sosial pemerintah," imbuhnya.

Selanjutnya, penurunan suku bunga di Bank Indonesia khususnya untuk Usaha Minimum Kecil Menengah agar bisa menyerap fasilitas kredit dan pemerataan distribusi ke wilayah sentra ekonomi.

"Jadi kita harus hidupkan sentra ekonomi di daerah agar tetap berjalan. Karena pendapatan nasional harus kita jaga," kata Amrul Ichdan.

Sebab, dampak ekonomi ini akan memberikan implikasi penurunan pendapatan nasional. Termasuk penurunan Pendapatan Domestic Bruto (PDB).
Follow
Terkoneksi dengan berbagai Sosial Media kami agar tetap terhubung dan mengetahui Informasi terkini.
Jangan Lupa Subscribe YouTube DEMOKRASI News: