logo

Jumat, 27 Maret 2020

Universitas Washington: Pandemik Corona Bisa Membunuh Lebih Dari 81.000 Orang di AS

Universitas Washington: Pandemik Corona Bisa Membunuh Lebih Dari 81.000 Orang di AS

DEMOKRASI.CO.ID - Pandemik virus corona bisa membunuh lebih dari 81.000 orang di Amerika Serikat dalam empat bulan ke depan dan mungkin tidak akan mereda hingga Juni.

Demikian analisis data yang dilakukan oleh Fakultas Kedokteran Universitas Washington.

Selain itu, analisis data tersebut, jumlah pasien yang dirawat di rumah sakit diperkirakan akan memuncak secara nasional pada pekan kedua April.

Jumlah korban meninggal dunia juga akan terus bertambah meski pada akhir Juni diperkirakan akan berada di bawah 10 orang per hari.

Berdasarkan data dari pemerintah, rumah sakit, dan sumber lainnya, mereka juga memprediksi jumlah kematian bisa terjadi bervariasi, sekitar 38.000 orang untuk angka terendah dan 162.000 orang untuk angka tertinggi.

Dikatakan oleh Direktur Health Metrics and Evaluation di Universitas Washington, Dr. Christopher Murray, tingkat angka kematian tersebut dikarenakan perbedaan penyebaran virus di berbagai wilayah yang masih sulit dijelaskan oleh para ahli.

Selain menganalisis jumlah kasus, penelitian tersebut juga menganalisis pasokan medis.

Di mana pada puncak epidemi, pasien yang sakit dapat melebihi jumlah tempat tidur rumah sakit yang tersedia sebanyak 64.000 dan dapat membutuhkan penggunaan sekitar 20.000 ventilator.

Untuk itu, Murray mengatakan, pemerintah federal, negara bagian, dan lokal harus melakukan langkah-langkah pencegahan.

"Lintasan pandemik akan berubah dan secara dramatis menjadi lebih buruk jika orang santai akan social distancing dengan tindakan pencegahan lain," kata Murray seperti dimuat Reuters.(*)
loading...