logo

Selasa, 19 Mei 2020

Topan Amphan Mendekat, India Dan Bangladesh Evakuasi Dua Juta Orang

Topan Amphan Mendekat, India Dan Bangladesh Evakuasi Dua Juta Orang

DEMOKRASI.CO.ID - Badai super Amphan semakin mendekati India dan Bangladesh. Semenatara kedua negara tersebut tengah mengevakuasi lebih dari dua juta orang meski harus berhadap dengan ancaman Covid-19.

Badan cuaca India mengatakan, Topan Amphan sudah mencapai kecepatan angin 240 kilometer per jam dengan hembusan 265 kilometer per jam ketika berada di Teluk Bengal pada Senin malam (18/5). Badai monster tersebut diperkirakan akan mulai menghantam India dan Bangladesh pada Rabu (20/5).

Menteri Manajemen Bencana Bangladesh, Shah Kamal seperti yang dikutip CGTN, mengatakan lebih dari dua juta penduduk yang berada di daerah dataran rendah akan dievakuasi pada Selasa (19/5).

Pemerintah juga sudah menyiapkan 12.078 tempat evakuasi, sebuah rekor. Di mana tempat-tempat tersebut termasuk 7.000 sekolah dan perguruan tinggi yang dialihkan sementara.

Banyaknya tempat evakuasi juga disiapkan untuk menghindari adanya kerumunan guna mencegah terjadinya penyebaran virus corona baru.

Para pengungsi juga diminta untuk memakai masker dan sarung tangan saat berada di tempat penampungan.

Amphan diperkirakan akan melemah sebelum menghantam negara-negara bagian timur India dan pantai selatan dan barat daya Bangladesh, tetapi masih membawa angin hingga 175 kilometer per jam. Dengan begitu, Topan Amphan termasuk dalam kategori enam badai pada skala tujuh tingkat India untuk badai tropis.

Pejabat Bangladesh memperingatkan, Topan Amphan bisa menjadi badai terburuk yang menghantam wilayah itu sejak Topan Sidr pada November 2007, yang menewaskan lebih dari 3.000 orang.

Di India, lebih dari 200.000 orang di daerah dataran rendah akan dievakuasi dari rumah mereka di Benggala Barat pada Selasa. (Rmol)

Komentar Pembaca

loading...