logo
×

Kamis, 04 Juni 2020

Mobnas Vietnam VinFast Siap Garap Pasar Amerika, Hadapi Tesla

Mobnas Vietnam VinFast Siap Garap Pasar Amerika, Hadapi Tesla

DEMOKRASI.CO.ID - Mobil nasional Vietnam VinFast siap ekspansi ke pasar Amerika Serikat. Hebatnya lagi, VinFast akan menantang Tesla di Paman Sam. Berhadapan dengan Tesla, mobil Vietnam ini telah memiliki modal dengan menggandeng perusahaan desain beken Pininfarina Italia dan EDAG Jerman untuk merancang dan mengembangkan produk mereka.

Sampai sekarang, perusahaan bagian dari Vingroup, salah satu konglomerat terbesar di Asia memiliki dua produk premium yang dijual, dengan menggunakan basis desain BMW. Lux A2.0, versi rebadged dari BMW 5 Series lawas dan Lux SA2.0 berdasarkan X5. Kedua produk tersebut dirancang oleh Pininfarina.

Reuters melaporkan bahwa VinFast sedang mengincar pasar global utama untuk kendaraan listriknya yang akan datang. Rincian tentang VinFast EV masih belum terungkap tetapi prototipe mewakili crossover berukuran setara Kona Hyundai. Pininfarina dan EDAG dilaporkan terlibat dalam proses desain dan pengembangan kendaraan tersebut.

Berbicara kepada Reuters, seorang juru bicara perusahaan mengungkapkan bahwa program pengujian sedang direncanakan di AS untuk Januari 2021 dengan produksi massal kendaraan listrik dijadwalkan dimulai pada Juli 2021. Kendaraan itu diharapkan siap untuk dijual di AS sekitar tahun 2022.

Crossover listrik VinFast baru dilaporkan bersiap-siap untuk debut dunianya di 2020 Los Angeles Auto Show pada November tetapi situasi COVID-19 cenderung menghambat rencana itu. Tahun lalu, VinFast mengumumkan usaha patungan dengan LG Chem untuk pembuatan dan pengemasan baterai untuk kendaraan roda dua listrik dan roda empat listrik masa depan.

Fasilitas JV terletak di vendor pembuat mobil di Hai Phong, Vietnam, dan akan memproduksi baterai lithium-ion. Meskipun merek yang relatif tidak dikenal, VinFast bercita-cita untuk memantapkan dirinya di segmen premium dari industri otomotif. Mobil ini akan mengandalkan motor listrik 300 kW menurut beberapa laporan, paket baterai hingga 500 km dengan pengisian penuh.

Pininfarina sebagai identitas desain yang kuat untuk VinFast yang berpusat di sekitar motif ‘V’ yang diharapkan dapat diteruskan oleh kendaraan baru tersebut. Prototipe produksi dekat dilengkapi dengan lampu LED sipit dengan unit tambahan seperti di Kona. (*)
Follow
Terkoneksi dengan berbagai Sosial Media kami agar tetap terhubung dan mengetahui Informasi terkini.
Jangan Lupa Subscribe YouTube DEMOKRASI News: