Notification

×

Iklan

Iklan

Pakar: Negara yang Bergerak dari Otoritarian ke Demokratis Biasanya Terjebak 'U Turn'

Senin, 29 Juni 2020 | 05:01 WIB Last Updated 2020-06-28T22:01:55Z

DEMOKRASI.CO.ID - Pakar Hukum Tata Negara, Zainal Arifin Mochtar menjabarkan gagasan yang pernah dikemukakan Sosiolog Jose Juan Linz terkait perkembangan suatu negara ke arah demokratis.

"Dia (Linz) mengatakan bahwa ada U Turn putaran U yang dia bilang hati-hati negara yang bergerak dari otoritarian menuju demokratis itu biasanya terjebak di putaran U," ungkap Zainal Arifin dalam diskusi webinar bertajuk "Masa Depan Pendidikan, Agama, Budaya dan Hukum di Indonesia" yang disiarkan secara langsung dalam pertemuan Cendekiawan Bugis Makassar 2020 pada Minggu (28/6/2020).

U-Turn sendiri memiliki arti kembali ke arah sebelumnya. Teori ini bisa jadi acuan untul melihat, saat ini Indonesia sedang ke arah mana. Apakah tetap pada jalur menuju demokratis atau justru kembali lagi ke otoritarian.

Hal ini tentunya disesuaikan dengan gejala-gejala maupun peristiwa Politik dan hukum yang belakangan terjadi di dalam negeri.

"Nah mungkin kita bisa lihat konteks Indonesia sekarang itu berada di mana sebenarnya Betulkah dia melangkah menuju ke arah demokratis atau Sebenarnya dia mengalami U turn," ungkapnya. []
loading...