logo
×

Jumat, 24 Juli 2020

Positif Covid, Achmad Purnomo Tes PCR Usai Bertemu Jokowi

Positif Covid, Achmad Purnomo Tes PCR Usai Bertemu Jokowi

DEMOKRASI.CO.ID - Wakil Wali Kota Solo, Achmad Purnomo terkonfirmasi positif virus corona (Covid-19). Dia positif usai dua kali tes swab PCR tak lama setelah bertemu Presiden Joko Widodo di Jakarta, Kamis (16/7) lalu.

Purnomo menjalani tes PCR pertama pada Jumat (17/7) atau sehari setelah bertemu Jokowi. Sehari kemudian, atau Sabtu (18/7), ia mengikuti tes PCR lagi atas arahan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Surakarta.

Dua kali tes itu dilakukan di rumahnya di Jalan Bhayangkara No 23, Kelurahan Panularan, Kecamatan Serengan, Solo.

"Yang pertama itu negatif. Yang kedua kok katanya cenderung positif. Saya enggak berani cerita. Langsung ke Dinas Kesehatan saja," kata Purnomo ketika dihubungi, Jumat (24/7).

Purnomo diketahui bertemu Jokowi, Kamis (16/7). Mereka bertemu sehari sebelum PDIP mengumumkan resmi mengusung putra Jokowi, Gibran Rakabuming Raka sebagai bakal calon Wali Kota di Pilwalkot Solo 2020.

Dari mulut Jokowi pula ia sudah tahu kalau PDIP sudah menjatuhkan pilihan kepada Gibran untuk bertarung dalam Pilwalkot Solo 2020.

"Tadi saya di Istana diberitahu oleh Pak Jokowi kalau yang dapat rekomendasi Gibran sama Teguh," katanya saat dihubungi melalui telepon, Kamis (16/7) lalu.

Adapun Purnomo selama sepekan terakhir setelah tes sempat menghadiri beberapa agenda, di antaranya rapat paripurna dengan DPRD Kota Solo pada Rabu (22/7) dan rapat dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Solo Kamis (23/7). Setelah mengikuti rapat dengan OJK, Purnomo baru menerima hasil tes swab tersebut.

"Setelah dapat informasi itu saya langsung karantina mandiri di rumah. Saya merasa sehat sekali kok. Tidak ada keluhan. Tapi nggak tahu. Ya supaya hati-hati saja," katanya.

Sementara itu Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo mengimbau agar pejabat dan pegawai pemerintah yang pernah kontak dengan Purnomo tidak panik.

Pemerintah Kota (Pemkot) Solo tengah melakukan contact tracing dengan mendata orang-orang yang pernah kontak langsung dengan Purnomo untuk menjalani tes PCR. Rudy sendiri dijadwalkan tes swab, Sabtu (25/7) besok.

"Nggak usah takut, nggak boleh stres. Saya juga sama. Kemarin malah waktu rapat virtual dengan camat dan lurah se-Solo saya duduk bersebelahan dengan Pak Purnomo," katanya.[Cnn]
Follow
Terkoneksi dengan berbagai Sosial Media kami agar tetap terhubung dan mengetahui Informasi terkini.
Jangan Lupa Subscribe YouTube DEMOKRASI News: