logo
×

Rabu, 29 Juli 2020

Saat NasDem Say No ke Ipar Jokowi tapi Yes ke Bobby

Saat NasDem Say No ke Ipar Jokowi tapi Yes ke Bobby

DEMOKRASI.CO.ID - Partai NasDem berencana akan mendukung ipar dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Pilkada Gunungkidul, Wahyu Purwanto. Namun niat itu diurungkan karena permintaan langsung dari Jokowi.
Jokowi meminta Ketum NasDem Surya Paloh agar NasDem tidak mencalonkan iparnya tersebut. Soal Jokowi yang meminta NasDem tidak mendukung iparnya itu dibenarkan oleh Sekjen NasDem, Johnny G Plate.

"Dapat saya konfirmasi bahwa 'betul' ada pembicaraan antara Pak Jokowi dan Pak Surya Paloh sebagai Ketum Nasdem yang akhirnya menetapkan tidak melanjutkan pencalonan Pak WP dalam Pilkada Gunungkidul," ungkap Johnny, saat dimintai konfirmasi detikcom, Selasa (28/7/2020).

Menurut Johnny, ada banyak alasan mengapa Jokowi meminta agar NasDem tak mencalonkan iparnya sendiri. Salah satunya karena Wahyu merupakan saudara dari Jokowi. Johnny menyebut NasDem mengamini permintaan Jokowi dan memastikan tak jadi mengusung Wahyu Purwanto.

"Ada banyak alasannya termasuk mempertimbangkan faktor kekerabatan, dan terhadap pertimbangan Pak Jokowi tersebut NasDem menghormatinya dan tidak melanjutkan pencalonan Pak WP seperti disebutkan di atas," sebut Menkominfo itu.

"Selain itu, Pak WP juga akan melanjutkan kegiatan sosial lainnya. Walau NasDem sudah menyiapkan strategi pemenangan dan tim sukses atau relawan 'Ponco Manggolo' sudah mulai bekerja di akar rumput," tambah Johnny.

Johnny mengatakan Jokowi tampak tak ingin terkesan membangun dinasti politik. Ini mengingat sang anak, Gibran Rakabuming Raka sudah dicalonkan di Pilwalkot Solo, dan menantunya, Bobby Nasution digadang-gadang juga akan diusung PDID pada Pilwalkot Medan.

"Keputusan tersebut menjadi jelas bahwa Pak Jokowi sangat memperhatikan demokrasi yang sehat dan memperhatikan pendapat masyarakat terkait politik dinasti yang akhir akhir ini mencuat di ruang publik," ucap Johnny.

Atas dasar hal itu lah NasDem tidak jadi mencalonkan ipar Jokowi. Namun, di samping itu ternyata NasDem tetap akan mengusung menantu Jokowi, Bobby Nasution, di Pilkada Medan.

"Kalau Medan itu, memang kita sudah merekomendasikan, sudah mengeluarkan rekomendasi kalau tidak salah," kata Waketum NasDem Ahmad Ali kepada detikcom, Selasa (28/7/2020).

Iya, Bobby," imbuhnya. Ahmad menjawab saat dipastikan apakah rekomendasi yang sudah dikeluarkan itu untuk menantu Jokowi, Bobby Nasution.
Setahu Ahmad, NasDem memang belum secara resmi mengusung Wahyu di Pilkada Gunungkidul. Anggota DPR RI itu menyebut hingga kini NasDem belum membuat keputusan terkait bakal calon kepala daerah di Pilkada Gunungkidul.

"Kalau Gunungkidul kan sampai hari ini kita memang belum putuskan, kita belum bicarakan," ujar Ahmad.

"Belum, belum, Pak Wahyu itu belum kita rekomendasi kok," sambung dia.(dtk)
Follow
Terkoneksi dengan berbagai Sosial Media kami agar tetap terhubung dan mengetahui Informasi terkini.
Jangan Lupa Subscribe YouTube DEMOKRASI News: