logo
×

Selasa, 18 Agustus 2020

Digrebek, Pimpinan OPM Kalikopi Ditembak Mati Aparat Gabungan TNI-Polri

Digrebek, Pimpinan OPM Kalikopi Ditembak Mati Aparat Gabungan TNI-Polri

DEMOKRASI.CO.ID - Aparat gabungan TNI dan Polri berhasil menduduki markas Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Kalikopi Kabupaten Mimika, Papua dengan menembak mati pimpinan Organisasi Papua Merdeka (OPM), Makodap III Timika Hengki Manwang, Minggu 16 Agustus 2020.

Dalam penggerebekan tersebut aparat gabungan menyita barang bukti yang ditemukan di TKP seperti revolver, senpi rakitan laras panjang, senapan angin jericho, 381 butir amunisi berbagai kaliber, 6 buah magasin dan lainnya.

“Aparat gabungan melumpuhkan satu orang yang diduga kuat pentolan KKSB Kali Kopi, Hengki Wanmang,” ujar Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw dalam keterangan tertulis yang diterima SINDOnews, Senin (17/8/2020).

Irjen Pol Paulus Waterpauw mengatakan, Hengki Wanmang mengambil peran bersama Joni Botak sebagai pimpinan KKB Kalikopi sebelum ada pengganti panglima yang baru sejak meninggalnya Theni Kwalik Panglima Makodam III Kalikopi tahun 2018.

“Hengky Wanmang merupakan orang yang mengajak beberapa KKB Pegunungan Tengah untuk masuk ke Tembagapura guna melakukan aksi gangguan di areal PTFI. Dia diketahui ikut Deklarasi KKB Gabungan Papua di Ilaga, Kab Puncak pada 1 Agustus 2020 yang bertujuan untuk melakukan aksi gangguan penembakan di Tembagapura. Setelah deklarasi Hengky Wanmang mempersiapkan tempat dan bama buat rombongan KKB yang dipimpin Lekagak Telenggen di Tembagapura,” timpal Kapolda.

Sebelumnya Hengki Wanmang terlibat beberapa rangkaian aksi Penembakan di areal PT Freeport Indonesia.

Menurut Kapolda, penembakan terhadap pentolan KKB itu berawal pada hari Kamis 13 Agustus 2020 dimana Tim gabungan TNI-Polri melakukan penyelidikan ke Markas KKB Kali Kopi yang mana pasukan dibagi menjadi 3 kelompok untuk 3 sasaran yaitu Markas Kali Kopi Baru dan Lama serta Markas Baru Amoko.

Kemudian pada hari Minggu 16 Agustus 2020, pukul 06.00 WIT, Tim gabungan TNI/Polri melakukan penyelidikan untuk ke Markas Kalikopi dan berhasil melumpuhkan 1 (satu) anggota KKB yang diduga kuat Hengki Wanmang (meninggal dunia).

Kemudian Tim gabungan melakukan penyisiran di sekitaran TKP dan berhasil menemukan barang bukti, selanjutnya diamankan ke Mako Brimob Den B Mimika.

“Personil gabungan TNI –Polri akan terus melakukan penindakan terhadap Kelompok Kriminal Bersenjata yang mengganggu stabilitas keamanan di Papua,” tandas Kapolda.
Follow
Terkoneksi dengan berbagai Sosial Media kami agar tetap terhubung dan mengetahui Informasi terkini.
Jangan Lupa Subscribe YouTube DEMOKRASI News: