logo
×

Rabu, 05 Agustus 2020

Israel Tegaskan Tak Terlibat Ledakan di Beirut, Tawarkan Bantuan Kemanusiaan

Israel Tegaskan Tak Terlibat Ledakan di Beirut, Tawarkan Bantuan Kemanusiaan

DEMOKRASI.CO.ID - Israel membantah terlibat dengan ledakan yang mengguncang Lebanon Selasa (4/8). Sebanyak 78 korban tewas dan ribuan mengalami luka parah akibat ledakan yang terjadi di sebuah gudang bahan kimia di kawasan pelabuhan Beirut.

“Israel tidak ada hubungannya dengan insiden itu,” kata pejabat Israel yang enggan diungkap identitasnya seperti dikutip Reuters.

Secara terpisah, Menteri Luar Negeri Israel Gabi Ashkenazi mengatakan kepada televisi Israel N12 bahwa ledakan itu kemungkinan besar merupakan kecelakaan yang disebabkan oleh kebakaran.

Israel menawarkan bantuan kemanusiaan ke Lebanon, meski kedua negara secara teknis masih dalam perang.

Perdana Menteri Benjamin Netanyahu mengatakan dia telah menginstruksikan Dewan Keamanan Nasional untuk melakukan kontak dengan utusan Timur Tengah PBB Nickolay Mladenov “untuk menjelaskan bagaimana Israel dapat lebih jauh membantu Lebanon.”

Sebelumnya, Menteri Pertahanan Benny Gantz dan Menteri Luar Negeri Gabi Ashkenazi mengatakan Israel telah “menawarkan pemerintah Lebanon – melalui perantara internasional – bantuan medis dan kemanusiaan, serta bantuan darurat segera”.

Konflik bersenjata antara milisi Hizbullah kerap terjadi dengan militer Israel. Lebanon berada di antara Suriah dan Israel di Mediterania. Negara ini menjadi negara terkecil di Timur Tengah dengan luas hanya 10.000 kilometer persegi (3.900 mil persegi).
Follow
Terkoneksi dengan berbagai Sosial Media kami agar tetap terhubung dan mengetahui Informasi terkini.
Jangan Lupa Subscribe YouTube DEMOKRASI News: