logo
×

Selasa, 22 September 2020

Pemimpin Yang Dibenci Rakyat

Pemimpin Yang Dibenci Rakyat

 


MENJADI pemimpin itu berisiko rahmat atau laknat. Tergantung dari menunaikan amanat atau khianat.

Pemimpin harus betul memperhatikan kepentingan rakyat yang dipimpinnya bukan berorientasi pada kepentingan dirinya sendiri yang hanya untuk menumpuk kekuasaan atau kekayaan. Pemimpin demikian pasti dibenci oleh rakyat.

Ketika terjadi situasi yang menimpa pada diri pemimpin apakah kesulitan atau sakit atau penderitaan lainnya, maka rakyat bukan simpati dengan mendoakan agar lepas dari kesulitannya, melainkan mengolok-olok, menghukumi, bahkan mungkin akan mendoakan yang buruk.

Betapa celakanya urusan dunia dan akherat pemimpin yang dibenci oleh rakyatnya.

Di musim covid 19 ketika pejabat tertular maka lihat bagaimana reaksi publik. Tak peduli dengan kondisi yang mungkin akan membaik atau sembuh. Sumpah serapah bertebaran di media sosial. Mengaitkan dengan perilakunya yang selalu menyakiti rakyat atau umat.

Kasus Menag yang terberitakan terkena covid 19 suatu hal yang biasa dan mungkin sembuh. Tapi jagad dunia maya heboh. Ada yang kaitkan sebagai peringatan agar tobat hingga ada yang nyeletuk ini adzab.

Mengapa Menteri yang mengurusi agama dicaci hingga urusan tobat segala? Ini semua akibat ulah sendiri. Menteri Agama itu fungsinya menjaga agama bukan merusak dan memyakiti umat beragama. Ributnya cuma radikalisme dan intoleransi. Akibatnya ya itulah dibenci umat.

Banyak menteri yang tidak amanah, tidak disukai sikap dan kebijakannya oleh rakyat. Menteri Pendidikan, Menteri Hukum dan HAM, Menteri Kesehatan, Mendagri, Menko Maritim dan Investasi, dan menteri lain yang rawan dibenci oleh rakyatnya. Jika banyak menteri yang tak disukai maka sudah pasti bermuara kepada Presiden.

Sedikit sekali puja puji kepada Presiden, itu pun dilakukan oleh orang yang dikualifikasikan sebagai pendukung buta. Tetapi yang mengolok-olok atau membully justru jauh lebih banyak. Ketika media mainstream dibungkam, media sosial menjadi cermin. Lihat dan rasakan kontennya positif ataukah negatif.

Terlepas dari konteks aktual, namun menjadi pelajaran sejarah bahwa pemimpin yang dibenci oleh rakyatnya bukan saja dipastikan jatuh dengan sakit tetapi juga kenangan pasca jatuhnya penuh dengan ceritra kenistaan dan keburukan. Tinta hitam mengenai masa kelam kepimpinannya. Pemimpin yang dibenci karena ketidakadilan diancam adzab pedih di hari kiamat.

“Asyaddunnaasi ‘adzaban yaumil qiyamati imamun ja-ir” (orang yang paling pedih siksa di hari kiamat adalah pemimpin yang zalim/curang) – HR Thabrani.

Allah SWT mengingatkan akan adanya pemimpin yang pura-pura bercitra baik, bahkan dalam beragama, sehingga orang pun kagum dan terkecoh, padahal dia orang yang paling keras dalam kezaliman.

“Dan di antara manusia ada orang yang ucapannya tentang kehidupan dunia menarik hatimu, bahkan dipersaksikan kepada Allah, padahal ia adalah penentang (agama) yang paling keras” (QS Al Baqarah 204).

Kebencian umat kepada perilaku zalim tidak serta merta menghentikan kezaliman. Dapat saja waktunya Allah tangguhkan dan adzab itu datang kelak dengan tiba tiba pada momen yang pas dan tepat. Tanpa disadari.

“Dan ikutilah sebaik-baik yang diturunkan Allah sebelum datang adzab bagimu tiba-tiba (baghtatan) sedang kamu tidak menyadari” (QS Az Zumar 55).

Oleh karenanya hendaklah pemimpin itu tidak bermain-main dalam melaksanakan peran kepemimpinannya. Adalah keliru untuk masa bodoh dengan kejengkelan atau kebencian rakyatnya.

Sadarlah bahwa semua amal bumi berdampak langit. Tuhan itu Maha Mendengar dan Maha Melihat. Adzab-Nya dapat datang dengan cepat dan tiba-tiba.

M. Rizal Fadillah

Pemerhati politik dan keagamaan.

Follow
Terkoneksi dengan berbagai Sosial Media kami agar tetap terhubung dan mengetahui Informasi terkini.
Jangan Lupa Subscribe YouTube DEMOKRASI News: