logo
×

Rabu, 02 September 2020

Xi Jinping Puji Jokowi, Sebut RI Ramah & Penting Buat China

Xi Jinping Puji Jokowi, Sebut RI Ramah & Penting Buat China

DEMOKRASI.CO.ID - Presiden China Xi Jinping dikabarkan berbincang melalui telepon dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Senin (31/8/2020). Dalam kesempatan itu, Xi memuji RI dan yakin negara ini bisa menang dari Covid-19.

Xi juga menambahkan bahwa China akan terus menawarkan dukungan ke Indonesia. Termasuk memberikan bantuan material dan teknis sebanyak yang China mampu untuk berbagi pengalaman, diagnosis dan pengobatan dalam pengendalian Covid-19.

Menurut Xi, RI adalah tetangga yang ramah dan mitra penting China. Bahkan kebutuhan Indonesia dalam kerja sama vaksin akan jadi pusat perhatian China.

"Saat ini China dan Indonesia telah aktif melakukan kerja sama vaksin, yang menjadi sorotan baru dalam kerja sama bilateral melawan epidemi," ujarnya sebagaimana dikutip dari Xinhua.

Lebih lanjut, Xi membahas hubungan kedua negara. Ia mengatakan hubungan keduanya memiliki fondasi yang dalam dan kuat.

"China siap bekerja sama dengan Indonesia untuk lebih mensinergikan Belt and Road Initiative dan visi Indonesia tentang Poros Maritim Global," katanya.

".. dengan sungguh-sungguh melaksanakan proyek-proyek utama seperti kereta cepat Jakarta-Bandung dan koridor ekonomi regional yang komprehensif ... mempercepat dimulainya kembali pekerjaan dan produksi di kedua negara," tambah Xi.


Sementara itu, Xinhua juga membuat pernyataan Jokowi yang menyampaikan terima kasih kepada pihak China karena telah mendukung perjuangan RI melawan pandemi. Terutama soal kerja sama vaksin dengan Indonesia.

"Indonesia berharap dapat memperkuat komunikasi dan kerja sama dengan pihak China di bidang perdagangan, investasi, pertukaran orang-ke-orang dan bidang lainnya, serta akan terus aktif memajukan pembangunan KA cepat Jakarta-Bandung," katanya.

"Indonesia siap bekerja dengan pihak China untuk menjaga norma-norma dasar hubungan internasional serta perdamaian dan stabilitas kawasan, dan membangun komunitas dengan masa depan bersama bagi umat manusia." []
loading...