logo
×

Rabu, 14 Oktober 2020

Viral Dakwah Quraish Shibab, Ini Hukuman yang Ikuti Pemimpin Pembohong

Viral Dakwah Quraish Shibab, Ini Hukuman yang Ikuti Pemimpin Pembohong

 


DEMOKRASI.CO.ID - Sebuah cuplikan video yang menayangkan ketika Quraish Shihab sedang berdakwah membahas hukuman bagi orang yang mengikuti pemimpin yang suka berbohong viral di media sosial Twitter.

Video ini diunggah oleh akun Twitter @Reiza_Patters pada Senin (12/10/2020) pukul 20.44 WIB.

Unggahan akun @Reiza_Patters ini telah ditayangkan sebanyak 26,5 ribu kali, dan mendapatkan 1,4 ribu suka, 711 retweet dari warganet.

Dalam twitnya tersebut, akun ini menuliskan judul, “Coba dengerin ceramah Habib Quraish Shihab ini.. Semoga pada insyaf dan taubat…”.

Dalam video dakwah tersebut, yang membahas mengenai hukuman bagi orang yang mengikuti pemimpin yang suka berbohong, Quraish Shihab mengatakan bahwa jika ada pemimpin berbohong kemudian pengikutnya percaya, maka para pengikut yang percaya tersebut juga terkena siksa.

“Sebenernya kalau pemimpin berbohong, maka pengikutnya yang percaya pun, terkena siksa,” ujar ulama sekaligus Ayah dari Najwa Shihab ini.

Habib yang enggan dipanggil habib ini pun menjelaskan alasannya.

“Kenapa.. karena dia percaya kebohongannya, sehingga dia mengikuti,” ujarnya.

Kemudian, ia menjelaskan bahwa jangan kira ketika mengikuti suatu pemimpin yang sudah diketahui bahwa dia berbohong, pengikut pemimpin tersebut bisa terlepas dari tangung jawab. Pengikutnya tidak bisa terlepas dari tanggung jawab karena ia lah yang sebenarnya ikut mengukuhkuhkan kebohongan tersebut.

“Karena mengukuhkan seorang pemimpin, yang Anda anggap salah, memberikan dia kekuatan untuk tetap memimpin dan kekuatan itu bersumber dari anda yang mendukungnya, sehingga kebohongannya, kedurhakaannya… Anda ikut mengukuhkan kedurhakaan dan kebohongannya itu,” pungkas Quraish Shihab dalam dakwahnya.

Video dakwah berdurasi 57 detik ini pun menuai banyak respons dari warganet. Komentarnya pun beragam.

“Bagus buat para pemuka agama (ustd – pastur – pendeta) untuk diingat kan kepada masyarakat nya,” tulis akun @Supriad98353329.

“Semoga saya ga merupakan bagian dsri pemimpin yg berbohong,” ujar akun @MusJackLangoMul.

“Nah lo bong!! Dosa jariyah namanya ini, mumpung masih ada nyawa di badan, bertobatlah bong !,” kata akun @wahyu332100.

Selain itu, akun @DOCTORDO2872149 juga turut menuliskan komentarnya, “Prof @mohmahfudmd hayuk dengerin ceramah yg penuh makna ini”.

Artikel Asli

Follow
Terkoneksi dengan berbagai Sosial Media kami agar tetap terhubung dan mengetahui Informasi terkini.
Jangan Lupa Subscribe YouTube DEMOKRASI News: