logo
×

Sabtu, 28 November 2020

[Salah] “Kondisi Kritis Imam Besar Positive Korona”

[Salah] “Kondisi Kritis Imam Besar Positive Korona”

Hasil Periksa Fakta Rizky Maulana (Universitas Bina Sarana Informatika).

Klaim tersebut tidak benar. Direktur Utama RS UMMI Bogor Andi Tatat mengatakan bahwa kondisi Habib Rizieq tidak mengarah ke terjangkit virus Corona melainkan hanya lemas dan kecapekan.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.

= = = = =

KATEGORI: Konten yang Salah

= = = = =

SUMBER: Facebook


https://archive.vn/wh1oP

= = = = =

NARASI:

“Semoga di segerakan…” unggah akun Facebook Utomo Mulyow Prayogo, Kamis (26/11/2020).

= = = = =

PENJELASAN:

Akun Facebook Utomo Mulyow Prayoga mengunggah gambar tangkapan layar sebuah ambulan dan foto Rizieq Shihab yang sedang berbaring, pada gambar tersebut juga terdapat narasi bahwa Imam besar saat ini sedang dalam keadaan kritis karena terjangkit virus Corona, tangkapan layar tersebut diunggah pada Kamis (26/11/2020).

Dari hasil penelusuran foto ambulan dan Rizieq Shihab tersebut tidak ada kaitannya dengan kondisinya saat ini, foto ambulan tersebut pernah tayang pada artikel milik palu.tribunnews.com dengan judul “Pasien Positif Covid-19 Kabur dari Ambulans dan Berbaur dengan Massa Demo UU Cipta Kerja” yang tayang pada Rabu (21/09/2020), sedangkan foto Rizieq Shihab yang sedang berbaring pernah tayang pada artikel milik wartakota.tribunnews.com dengan judul “Habib Rizieq Dirawat di Rumah Sakit Ummi Bogor Sejak Selasa Siang” yang tayang pada, Selasa (06/12/2016).

Melalui penelusuran lebih lanjut, melansir detik.com, Habib Rizieq Syihab saat ini memang sedang dirawat di Rumah Sakit (RS) UMMI Bogor. Direktur Utama RS UMMI Bogor Andi Tatat, mengatakan bahwa kondisi Habib Rizieq Shihab tidak mengarah keterjangkit virus Corona, melainkan lemas dan kecapekan.

“Jadi beliau (Habib Rizieq) ke sini, dari hasil screening di tim kami alhamdulillah, tidak mengarah ke COVID,” kata Direktur Utama RS UMMI Bogor, Andi Tatat, di RS UMMI Bogor, Jalan Empang II No. 2, Bogor Selatan, Kota Bogor, Kamis (26/11/2020).

“Tidak (positif Corona). Negatif,” jawabnya saat kembali dikonfirmasi.

Saat ini, istri Habib Rizieq juga dirawat di rumah sakit tersebut. Pihak RS menyebut kondisi mereka tidak kritis, tapi tidak bisa dijenguk.

“Cuma memang dari beliau, dari keluarga, tidak menerima tamu siapa pun. Bahkan dari DPP FPI juga tidak diberi perkenankan masuk (menjenguk). Nggak ada, (Rizieq) nggak boleh (dijenguk),” imbuhnya.

Berdasarkan penjelasan tersebut, dapat disimpulkan bahwa informasi dengan klaim Rizieq Shihab kritis karena positif Corona adalah salah dan masuk ke dalam kategori Konten yang Salah

============

Referensi:

https://palu.tribunnews.com/2020/10/21/pasien-positif-covid-19-kabur-dari-ambulans-dan-berbaur-dengan-massa-demo-uu-cipta-kerja

https://wartakota.tribunnews.com/2016/12/06/habib-rizieq-dirawat-di-rumah-sakit-ummi-bogor-sejak-selasa-siang

https://news.detik.com/berita/d-5271261/rs-ummi-habib-rizieq-dirawat-di-president-suite-tak-mengarah-ke-covid




Artikel Asli

Follow
Terkoneksi dengan berbagai Sosial Media kami agar tetap terhubung dan mengetahui Informasi terkini.
Jangan Lupa Subscribe YouTube DEMOKRASI News: