logo
×

Sabtu, 06 Maret 2021

Manajemen PT Taekwang Subang, Pecat Pelaku Kekerasan Terhadap Korban Masih Karyawan

Manajemen PT Taekwang Subang, Pecat Pelaku Kekerasan Terhadap Korban Masih Karyawan

DEMOKRASI.CO.ID - Terkait beredarnya informasi dari berbagai sumber dan media mengenai dugaan adanya tindak kekerasan yang dilakukan oleh salah satu TKA (tenaga kerja asing) kepada karyawan lokal di dalam pabrik, PT Taekwang angkat bicara.

“Dengan ini kami menganggap penting untuk memberikan klarifikasi kejadian tersebut agar mendapatkan pemahaman dan informasi yang berimbang,” kata Epi Slamet mewakili Manajeman PT Taekwang, Jum’at (5/3/2021) ke beritaaktualnews. Com saar jumpa Press.

Dari hasil investigasi yang dilakukan oleh TPKK (Tim Penanggulangan Kasus Kekerasan) bahwa benar telah terjadi insiden kekerasan sebagaimana informasi yang beredar namun perlu diluruskan beberapa hal. 

Bahwa insiden terjadi saat dilakukan patroli protokol kesehatan dan penegakan disiplin terhadap peraturan perusahaan mengenai larangan makan di tempat kerja pada Kamis 4 Maret 2021 sekira pukul 18.00 WIB. 

TKA tersebut mendapati ada karyawan yang sedang membawa makanan di tempat kerja dan langsung menegur karyawan yang bersangkutan. Namun dalam proses peneguran tersebut terjadi kesalahpahaman dan tanggapan dari karyawan yang tidak sesuai dengan harapan sehingga TKA tersebut emosional dan bertindak di luar kontrol dengan menyepak makanan yang secara tidak disengaja mengenai bagian tubuh karyawan.

Atas insiden tersebut Manajemen telah mengambil tindakan tegas kepada TKA yang bersangkutan sesuai peraturan yang berlaku.

 Pada hari ini Jumat 5 Maret 2021 Manajemen telah menerbitkan Surat Keputusan pemutusan hubungan kerja kepada pelaku dan pada hari yang sama telah meninggalkan fasilitas pabrik. Secara pribadi TKA yang bersangkutan telah mengakui kesalahannya dan meminta maaf atas perbuatannya sekaligus menerima konsekuensi pemutusan hubungan kerja.

Perusahaan menghargai dan melindungi hak dasar kemanusiaan universal. Perusahaan telah berkomitmen dan memiliki kebijakan zero tolerance terhadap tindakan kekerasan dan pelecehan di tempat kerja dan membentuk tim khusus untuk penanggulangan kasus kekerasan. 

Perusahaan juga secara intensif memberikan sosialisasi dan edukasi kepada semua karyawan baik tenaga kerja asing maupun lokal dalam upaya pencegahan tindak kekerasan dan pelecehan di tempat kerja, manajemen mengharapkan kejadian serupa tidak terulang dikemukakan hari.(bds)

Follow
Terkoneksi dengan berbagai Sosial Media kami agar tetap terhubung dan mengetahui Informasi terkini.
Jangan Lupa Subscribe YouTube DEMOKRASI News: