logo
×

Sabtu, 13 Maret 2021

Sosok Pembakar Alquran di Serang Banten, Tulis 'Jaringan Islam Liberal' di Tembok Masjid

Sosok Pembakar Alquran di Serang Banten, Tulis 'Jaringan Islam Liberal' di Tembok Masjid

DEMOKRASI.CO.ID - Inilah sosok pelaku pembakar Alquran di Masjid Baiturrahman, di Kampung Pabuaran Sukaratu, Desa Sukaratu, Kecamatan Cikeusal, Kabupaten Serang, Banten, pada Rabu, 10 Maret 2021.

Namanya Yahya (33 tahun), warga Kampung Gagaden RT 08/RW 03 Desa Tambiluk, Kecamatan Petir, Kabupaten Serang. Sehari-hari, pria berwajah oriental itu biasa dipanggil Gonzales.

Dilihat Indozone dari foto-fotonya saat diamankan aparat, Yahya mengenakan kaos merah dan celana pendek, serta topi bermotif loreng-loreng.

Ia berada di antara seorang anggota TNI dan Polri, memegang sebuah botol minuman vitamin C dan wajahnya tampak memelas meminta ampun.

Tak cuma membakar kitab suci umat Islam, di tembok di bagian samping tempat saf imam, pelaku juga menuliskan kata-kata penuh pesan. Di sana terdapat nama sebuah kelompok organiasi Islam yang cukup terkenal.

"Al- Quran ini oleh Gojoni Go Joni Go jil, Jaringan Islam Liberal Pengen Viral Membakar Al-Qurab di Masjid Baiturahaman," demikian tulisnya di tembok itu.

Berdasarkan informasi yang terhimpun, pembakaran Alquran tersebut pertama kali diketahui oleh pengurus masjid bernama Ridwan.

Saat itu, Ridwan hendak ke kamar basuh ketika ia tiba-tiba mencium aroma asap dari dalam masjid.

Ridwan dan rekannya Emed kemudian mengecek ke dalam dan mendapati sumber bau asap tersebut.

Ternyata, sebuah Alquran sudah hangus terbakar, persisnya di bagian sajadah imam.

Lantas, Ridwan dan Emed lekas memadamkan api untuk menghindari nyala merambat.

Dari situ, pengurus masjid kemudian mengabarkan peristiwa itu melalui pelantang masjid dan melaporkan kejadian itu ke Polsek Cikeusal.

Tak lama kemudian, polisi mengamankan Yahya, yang serta-merta mengakui perbuatannya.

Dari hasil pemeriksaan, Yahya diketahui sudah pernah tiga kali membakar Alquran di masjid di wilayah Kecamatan Petir, Serang.

Follow
Terkoneksi dengan berbagai Sosial Media kami agar tetap terhubung dan mengetahui Informasi terkini.
Jangan Lupa Subscribe YouTube DEMOKRASI News: