logo
×

Rabu, 12 Januari 2022

Presiden Jokowi Lantik Tiga Duta Besar Baru

Presiden Jokowi Lantik Tiga Duta Besar Baru

DEMOKRASI.CO.ID - Presiden Joko Widodo resmi melantik tiga orang duta besar yang akan bertugas di sejumlah negara sahabat, Rabu, 12 Januari 2022. Pelantikan sejumlah duta besar Luar Biasa Berkuasa Penuh (LBBP) Indonesia ini digelar di Istana Merdeka, Jakarta.

Pelantikan sejumlah Dubes LBBP Republik Indonesia ini berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Republik Indonesia Nomor 4B Tahun 2022 tentang Pengangkatan Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Republik Indonesia. Keppres ini ditandatangani pada tanggal 11 Januari 2022.

Surat keputusan Presiden tersebut dibacakan oleh Deputi Bidang Administrasi Aparatur Kementerian Sekretariat Negara, Nanik Purwanti. Dalam surat tersebut, ada tiga orang yang diangkat sebagai duta besar LBBP.

Ketiga orang tersebut adalah Sunarko sebagai Duta Besar LBBP RI untuk Republik Sudan, berkedudukan di Khartoum. Kedua yakni Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo sebagai Duta Besar LBBP RI untuk Republik Filipina merangkap Republik Kepulauan Marshall dan Republik Palau, berkedudukan di Manila.

Ketiga yakni Fientje Maritje Suebu sebagai Duta Besar LBBP RI untuk Selandia Baru merangkap Samoa, Kerajaan Tonga, Kepulauan Cook, dan Niue, berkedudukan di Wellington.

Setelah pembacaan surat tersebut, Jokowi menanyakan kesediaan mereka untuk diambil sumpah.

"Sebelum saya mengambil sumpah janji berkenaan dengan pengangkatan saudara-saudara sebagai duta besar luar biasa dan berkuasa penuh republik Indonesia untuk negara-negara sahabat, terlebih dahulu saya akan bertanya kepada saudara-saudara, bersediakah saudara-saudara diambil sumpah janji menurut agama dan kepercayaan masing-masing?" kata Jokowi bertanya kepada para duta besar tersebut.

Pada duta besar yang akan dilantik itu pun secara seragam menjawab, "Bersedia."

Kemudian Presiden Jokowi mengambil sumpah janji para duta besar tersebut. "Bahwa saya untuk diangkat menjadi duta besar luar biasa dan berkuasa penuh akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara RI Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya, demi dharma bakti saya kepada bangsa dan negara," kata Jokowi saat membacakan petikan sumpah diikuti para Duta Besar di Istana Merdeka, Jakarta.

Acara pelantikan tersebut digelar dengan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Para duta besar yang dilantik tersebut sebelumnya juga telah mengikuti pemeriksaan kesehatan yang sesuai prosedur dan tamu undangan terbatas. [viva]

Komentar Pembaca