logo
×

Kamis, 27 Januari 2022

Ridwan Kamil Ditantang! Netizen Ini Tunjukkan Bukti Bahwa Justru Bung Karno yang Menyusun Desain Jakarta Sebagai Ibu Kota

Ridwan Kamil Ditantang! Netizen Ini Tunjukkan Bukti Bahwa Justru Bung Karno yang Menyusun Desain Jakarta Sebagai Ibu Kota

DEMOKRASI.CO.ID - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kami mendapat tantangan dari seorang netizen terkait pernyataannya tentang Jakarta tidak dipersiapkan menjadi ibu kota negara.

Menurut Ridwan Kamil, berdasarkan kajian sejarah Jakarta sedianya tidak dipersiapkan sebagai ibu kota negara karena berkaca pada sejarah ada tiga lokasi yang sempat disurvei untuk dijadikan ibu kota yakni Bandung, Malang dan Surabaya.

“Jadi sata bacara sebenarnya di zaman kolonial Batavia itu tidak cocok jadi ibu kota. Saat ada pandemi namanya malaria yang mati itu ribuan jadi diputuskanlah oleh pemerintah kolonial memindahkan ibu kota di survei di tiga lokasi Malang, Surabaya, Bandung,”

“Yang dipilih adalah Bandung dengan segala perhitungan,” kata Ridwan Kamil dalam keterangan resminya sebagaimana dikutip dari Tvonenews.com, Rabu 26 Januari 2022.

Rencana pemerintahan kolonial saat itu memindahkan ibu kota ke Bandung terbukti dengan mulai berpindahnya kantor pemerintahan hingga markas militer.

“Pidahlah semua militer di Indonesia ngumpulnya di Bandung dan Cimahi. Pindahlah Kementerian Perhubungan, makanya PT KAI sampai sekarang kantor pusatnya di Bandung pindahlah Kementerian ESDM makanya ada museum geologi,” tuturnya.

“Akan tetapi Jepang keburu datang. Terputuslah ibu kota negara versi pemerintah kolonial itu oleh takdir sejarah. Jadi Jakarta itu tidak pernah didesain sebagai ibu kota,” lanjut Ridwan Kamil.

Lebih lanjut, terkait soal rencana kepindahan ibu kota negara, Ridwan Kamil menilai usulan itu sudah datang sejak zaman Presiden Soekarno.

“Saat itu Bung Karno menghitung Kalimantan jadi ide ini sudah datang lama. Cuma Bung Karno memilihnya Palangkaraya,” jelasnya.

“Di mana di Kalimantan tidak ada gunung berapi jauh dari laut sehingga pada teori pertahanan kalah ada negara nyerang dari laut pasti jauh kira-kira akhirnya diputuskan sekarang mungkin ada pertimbangan lain,” tambahnya.

Namun begitu, Argumen Ridwan Kamil dibantah oleh seorang netizen melalui akun Twitternya @Rizkidwika. Menurutnya, apa yang dikemukakan Ridwan Kamil kurang tepat.

“Sebetulnya nahan2 banget komentar soal IKN, tapi Pakgub kurang tepat. Justru Bung Karno yang secara konseptual mendesain Jakarta sbg ibu kota,” ujarnya pada Rabu 26 Januari 2022.

Menurutnya, terdapat bukti yang dapat dijadikan rujukan yaitu dengan melihat poros Thamrin yaitu Kebayoran, patung dan monumen bahkan outline Jakarta didesain langsung oleh Bung Karno.

“Poros Thamrin—Kebayoran, patung dan monumen, bahkan outline plan Djakarta 57 dan rencana Djakarta Metropolitan 65 itu di era BK (Bung Karno),” tambahnya. [terkini]

Follow
Terkoneksi dengan berbagai Sosial Media kami agar tetap terhubung dan mengetahui Informasi terkini.
Jangan Lupa Subscribe YouTube DEMOKRASI News: