logo
×

Kamis, 10 Maret 2022

Sindir Rusia, SpaceX Luncurkan 48 Satelit Starlink dengan Sapu Amerika

Sindir Rusia, SpaceX Luncurkan 48 Satelit Starlink dengan Sapu Amerika

DEMOKRASI.CO.ID - SpaceX berhasil meluncurkan kelompok baru satelit internet Starlink pada hari Rabu, 9 Maret 2022. Peluncuran ini merupakan yang ke-10 dalam beberapa minggu.

Kali ini, Roket Falcon 9 meluncurkan 48 satelit Starlink ke orbit dari Stasiun Luar Angkasa Cape Canaveral di Florida pada pukul 08:45 EST (1545 GMT). Tahap pertama roket kemudian kembali ke Bumi untuk mendarat mulus di laut dengan pesawat tak berawak SpaceX A Shortfall of Gravitas.

"Saatnya membiarkan sapu Amerika terbang dan mendengar suara kebebasan," kata direktur peluncuran SpaceX sesaat sebelum peluncuran. Pemakaian istilah ‘sapu Amerika’ merupakan tanggapan kepada kepala badan antariksa Rusia, Dmitry Rogozin.

Sebelumnya, Dmitry mengatakan, "Biarkan mereka terbang dengan sesuatu yang lain, sapu mereka," pekan lalu setelah Rusia menghentikan penjualan mesin roketnya ke AS menyusul adanya sanksi ekonomi setelah invasi negara itu ke Ukraina pada tanggal 24 Februari 2022.

CEO SpaceX Elon Musk telah bersandar pada komentar Rogozin, menyebut Falcon 9 "sapu Amerika" yang dapat diandalkan dalam sebuah posting Twitter minggu lalu.

SpaceX juga telah menyediakan terminal Starlink ke Ukraina untuk membantu memulihkan komunikasi dan layanan internet di seluruh negeri dan berfokus pada keamanan siber untuk mencegah gangguan pada terminal tersebut.

"48 Starlink lainnya baru saja mencapai orbit," tulis Musk di Twitter pada Rabu setelah peluncuran yang sukses.

Starlink adalah konstelasi raksasa satelit broadband yang dirakit SpaceX di orbit rendah Bumi. Perusahaan telah meluncurkan lebih dari 2.000 Starlink sejak 2019, dan banyak lagi yang akan naik dalam waktu yang relatif dekat.

SpaceX memiliki izin untuk meluncurkan 12.000 satelit Starlink dan telah mengajukan persetujuan hingga 30.000 satelit lainnya. Misi Starlink hari Rabu, yang disebut Starlink 4-10, menandai penerbangan ke-41 untuk megakonstelasi tersebut.

Bulan lalu, SpaceX kehilangan hampir seluruh kumpulan satelit Starlink karena badai matahari yang menyebabkan puluhan Starlink jatuh dari luar angkasa dan terbakar di atmosfer Bumi beberapa hari setelah peluncuran. SpaceX sejak itu meningkatkan ketinggian penempatan awalnya untuk menghindari insiden serupa berulang.

Peluncuran hari Rabu menandai penerbangan keempat dan pendaratan untuk tahap pertama Falcon 9, kata SpaceX. Booster tersebut juga meluncurkan misi Arabsat-6A pada April 2019, penerbangan Space Test Program-2 (STP-2) untuk militer AS pada Juni 2019 dan satelit pengamatan Bumi Italia COSMO-SkyMed Generasi Kedua FM2 pada Januari.

Dua misi pertama dalam daftar itu – Arabsat-6A dan STP-2 – diterbangkan oleh roket Falcon Heavy SpaceX yang besar, yang terdiri dari tiga inti Falcon 9 yang diikat menjadi satu, yang di tengah di atasnya dengan tahap kedua. COSMO-SkyMed Generasi Kedua FM2 diterbangkan oleh Falcon 9. [tempo]

Follow
Terkoneksi dengan berbagai Sosial Media kami agar tetap terhubung dan mengetahui Informasi terkini.
Jangan Lupa Subscribe YouTube DEMOKRASI News: