logo
×

Kamis, 07 April 2022

Mahasiswa Gelar Aksi Buntut Wacana Perpanjangan Rezim Jokowi, Tagar Rakyat Bersama Mahasiswa Trending: Kedaulatan Ada di Tangan Rakyat!

Mahasiswa Gelar Aksi Buntut Wacana Perpanjangan Rezim Jokowi, Tagar Rakyat Bersama Mahasiswa Trending: Kedaulatan Ada di Tangan Rakyat!

DEMOKRASI.CO.ID - Rentetan peristiwa politik yang berkaitan dengan wacana perpanjangan masa jabatan presiden kian membuat masyarakat geram. Pasalnya, hal itu muncul bersamaan dengan berbagai problem lain yang dinilai semakin menyengsarakan rakyat sepert kenaikan berbagai bahan pokok.

Penolakan atas runtun peristiwa di atas terbukti dari Tagar Rakyat Bersama Mahasiswa yang tengah trending di Twitter.

Menanggapi hal ini, Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia atau BEM SI berniat menggelar aksi demonstrasi di kawasan Istana Negara, Jakarta pada Senin, 11 April 2022.

Dalam aksinya nanti, BEM SI menargetkan bakal mendatangkan 1.000 massa aksi. Para demonstran yang direncanakan hadir berasal dari kurang lebih 18 kampus yang terdiri dari UNJ, PNJ, IT-PLN, STIE SEBI, STIE Dharma Agung, STIS Al Wafa, IAI Tazkia, AKA Bogor, UNRI, Unand, Unram, PPNP, Undip, UNS, UNY, Unsoed, SSG dan STIEPER.

Koordinator BEM SI Kaharuddin menjelaskan alasan pihaknya kembali menggelar aksi demonstrasi setelah aksi mereka pada 28 Maret 2022 adalah untuk menagih janji terkait tuntutan pihaknya yang telah disampaikan sebelumnya.

“Betul. Aksi tanggal 11 April 2022 ini meminta jawaban dari aksi tanggal 28 Maret 2022, bagaimana pemerintah atau Bapak Presiden Jokowi menjawab tuntutan kita selama 14 hari ini,” kata Kaharuddin dikutip dari laman Kompas pada Kamis, 7 April 2022.

Adapun tuntutan BEM SI yaitu, pertama, mendesak Jokowi bersikap tegas atau memberi pernyataan sikap menolak penundaan Pemilu atau masa jabatan tiga periode.

Kedua, mendesak Jokowi menunda dan mengkaji ulang Undang-undang tentang Ibu Kota Negara (UU IKN).

Ketiga, mendesak Jokowi menstabilkan harga dan menjaga ketersediaan bahan pokok di masyarakat.

Keempat, mendesak Jokowi mengusut tuntas para mafia minyak goreng dan mengevaluasi kinerja menteri terkait. 

Kelima berkaitan dengan penyelesaian konflik agraria di Indonesia.

Keenam, mendesak Jokowi dan wakilnya, Ma’ruf Amin, berkomitmen penuh dalam menuntaskan janji-janji kampanye di sisa masa jabatannya.

Menanggapi hal ini, warganet turut memberi komentar. Sebagian besarnya mengapresiasi inisiatif mahasiswa dengan dukungan.

“Negara sedang tidak baik-baik saja. Mahasiswa tidak bisa berjuang sendirian Mahasiswa memanggil seluruh rakyat yang peduli akan nasib bangsa ini untuk mendukung aksi mahasiswa 11 April 2022” tulis akun @Sunset___17.

“Kedaulatan ada ditangan rakyat” tulis akun lain @SatriaMaul2022. [terkini]

Follow
Terkoneksi dengan berbagai Sosial Media kami agar tetap terhubung dan mengetahui Informasi terkini.

Komentar Pembaca