logo
×

Jumat, 17 Juni 2022

Yenny Wahid Dapat Penghargaan dari Menteri Luar Negeri Jepang

Yenny Wahid Dapat Penghargaan dari Menteri Luar Negeri Jepang

DEMOKRASI.CO.ID - Yenny Wahid, Direktur, Wahid Foundation mendapat penghargaan Menteri Luar Negeri Jepang periode 2021 (Reiwa 3). Upacara penyerahan penghargaan dilakukan di rumah dinas Duta Besar Jepang untuk Indonesia, Kenji Kanasugi pada Kamis, 16 Juni 2022.

Kedutaan Besar Jepang dalam keterangannya menyebut Yenny dinilai telah berkontribusi dalam penyebaran informasi atau pertukaran pendapat di Jepang, memperdalam pengertian dan pemahaman berbagai pihak di Jepang atas toleransi dan sifat moderat yang mewarnai komunitas muslim di Indonesia.

Yenny Wahid, Ketua Yayasan Wahid, menerima penghargaan dari Menteri Luar Negeri Jepang pada 16 Juni 2022. Sumber: dokumen Kedutaan Besar Jepang


Yenni juga dianggap telah melakukan usaha-usaha untuk mewujudkan masyarakat yang moderat, berkontribusi dalam mendorong sikap saling pengertian antara Jepang dan Indonesia. Selain itu, Yenny juga berkontribusi dalam memperlancar pelaksanaan proyek anti-ekstrimisme disertai kekerasan yang didukung oleh pemerintah Jepang.

Dalam upacara penyerahan penghargaan, Yenny mengaku sangat terhormat dan berharapan agar pertukaran dan pengertian antara Jepang dan Indonesia, semakin meluas dan mendalam ke depannya.

Yenny menduduki posisi Direktur Wahid Foundation, sejak lembaga tersebut didirikan pada 2004. LSM tersebut bertujuan mempromosikan demokrasi, pluralisme, multikulturalisme, dan toleransi dalam masyarakat Islam berdasarkan pandangan yang moderat.

Secara khusus sejak 2015, Yenny dinilai telah berkontribusi dalam mempromosikan hubungan persahabatan Jepang dan Indonesia. Promosi itu di antaranya melalui sejumlah kunjungan ke Jepang, atau melalui kerjasama yayasannya mengenai proyek penanggulangan radikalisme dengan kekerasan yang diprakarsai UN Women dengan pendanaan dari pemerintah Jepang sejak 2017.

Kerja sama itu, berdampak mempromosikan sikap saling memahami antara Jepang dan Indonesia, serta turut membantu upaya kerjasama internasional Jepang melalui proyek PBB sehingga berkontribusi dalam mempromosikan hubungan persahabatan Jepang dan Indonesia [tempo]

Follow
Terkoneksi dengan berbagai Sosial Media kami agar tetap terhubung dan mengetahui Informasi terkini.
Jangan Lupa Subscribe YouTube DEMOKRASI News: