logo
×

Kamis, 28 Juli 2022

Ratusan Gempa Susulan Terjadi Usai Gempa M 7,1 di Filipina!

Ratusan Gempa Susulan Terjadi Usai Gempa M 7,1 di Filipina!

DEMOKRASI.CO.ID - Ratusan gempa susulan telah terjadi menyusul gempa bumi dengan Magnitudo (M) 7,1 mengguncang Filipina utara pada Rabu (27/7) kemarin. Penduduk yang cemas pun terpaksa tidur di luar rumah.

Dilansir dari kantor berita AFP, Kamis (28/7/202), pihak berwenang mengatakan lima orang tewas dan lebih dari 150 luka-luka ketika gempa dahsyat itu mengguncang provinsi Abra pada Rabu pagi waktu setempat.

Gempa kuat itu mengguncang wilayah pegunungan, merobohkan bangunan, memicu tanah longsor dan menggoyang menara tinggi ratusan kilometer jauhnya di Manila, ibu kota Filipina.

"Gempa susulan terjadi hampir setiap 20 menit, 15 menit sejak kemarin," kata Reggi Tolentino, pemilik restoran di ibu kota provinsi Abra, Bangued.

"Banyak yang tidur di luar tadi malam, hampir setiap keluarga," imbuhnya.

Ratusan bangunan rusak atau hancur, jalan-jalan terhalang oleh tanah longsor dan listrik padam di provinsi-provinsi yang terkena dampak.

Namun di Abra yang merasakan kekuatan penuh gempa, kerusakan keseluruhan "sangat minim", kata kepala polisi Kolonel Maly Cula kepada AFP.

"Kami tidak memiliki banyak orang di lokasi pengungsian meskipun banyak orang tinggal di jalan-jalan karena gempa susulan," kata Cula.

"Abra kembali normal," imbuhnya.

Badan seismologi setempat mengatakan bahwa lebih dari 800 gempa susulan telah tercatat sejak gempa melanda, termasuk 24 gempa susulan yang cukup kuat untuk dirasakan.

Di Vigan City, situs Warisan Dunia UNESCO dan tujuan wisata di provinsi Ilocos Sur, bangunan berusia berabad-abad yang dibangun selama masa kolonial Spanyol telah rusak akibat gempa.

Gubernur Jeremias Singson mengatakan bahwa 460 bangunan di provinsi tersebut telah terkena dampak, termasuk Menara Lonceng Bantay, yang sebagian runtuh.

"Industri pariwisata dan para pemilik usaha kecil kami sangat terdampak," kata Singson.

Filipina secara teratur diguncang gempa karena lokasinya di "Cincin Api" Pasifik, busur aktivitas seismik intens yang membentang dari Jepang melalui Asia Tenggara dan melintasi cekungan Pasifik.

Gempa hari Rabu adalah salah satu yang terkuat yang tercatat di Filipina dalam beberapa tahun terakhir, dan dirasakan di seluruh wilayah pulau Luzon, yang terpadat di negara itu. [detik] 

Follow
Terkoneksi dengan berbagai Sosial Media kami agar tetap terhubung dan mengetahui Informasi terkini.
Jangan Lupa Subscribe YouTube DEMOKRASI News: