logo
×

Kamis, 11 Agustus 2022

Bakal Banyak Tersangka Baru Nih! Polisi yang Terlibat Merekayasa Kasus Brigadir J Terancam Pidana

Bakal Banyak Tersangka Baru Nih! Polisi yang Terlibat Merekayasa Kasus Brigadir J Terancam Pidana

DEMOKRASI.CO.ID - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Mahfud MD memastikan, bahwa polisi yang ikut merekayasa kasus penembakan Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J terancam pidana.

Menurutnya, terjadinya rekayasa pada kasus Brigadir J jelas menunjukkan ketidakprofesionalan, karena dengan secara sengaja menyembunyikan fakta.

"Sudah pasti itu tidak profesional, nanti kalau ketemu, oh ini ada kesengajaan menyembunyikan fakta, itu bisa dipidana," kata Mahfud, dikutip 11 Agustus 2022.

Selain itu, Mahfud melihat, rekayasa kasus Brigadir J juga beriringan dengan pelanggaran etik.Untuk itu, ia memastikan Polisi yang diduga melanggar etik dalam kasus penembakan Brigadir J akan diperiksa oleh inspektorat khusus.

"Jadi, tidak boleh memberikan keterangan yang belum jelas, apalagi itu alat buktinya tidak ditunjukan," ujarnya.

31 Anggota Polisi Berpotensi Menjadi Tersangka Baru Sebanyak 31 anggota polisi berpotensi menjadi tersangka baru dalam kasus pembunuhan Brigadir Yosua Hutabarat alias Brigadir J setelah mabes Polri mentersangkakan irjen Ferdy Sambo dalam kasus ini. 

31 anggota polisi diduga melakukan pelanggaran kode etik dalam mengusut kasus kematian Brigadir J. Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan, dalam  pemeriksaan yang dilakukan timsus 31 polisi itu diduga melakukan upaya menghambat penyidikan, dengan merusak tempat kejadian perkara (TKP) dan berupaya menghilangkan barang bukti serta merekayasa kasus ini. 

"Pada saat pendalaman dan olah TKP ditemukan ada hal-hal yang menghambat proses penyidikan dan kejanggalan-kejanggalan yang juga kita dapatkan seperti hilangnya CCTV dan hal lain sehingga muncul dugaan ada hal yang ditutupi dan direkayasa," katanya saat konferensi pers pada Selasa 9 Agustus 2022.

"Adanya upaya-upaya untuk hilangkan barang bukti, merekayasa, menghalangi proses penyidikan menyebabkan proses penanganannya menjadi lambat," sambungnya.

Ke 31 anggota korps bhayangkara itu kini masih terus diperiksa timsus, jika terbukti mereka bisa menjadi tersangka baru dalam kasus pembunuhan Brigadir J. 

Di Antara puluhan anggota polisi itu terdapat dua jenderal bintang satu. 

"Kita telah melakukan penempatan khusus kepada 4 personil beberapa waktu lalu dan saat ini bertambah jadi 11 personel polri. Terdiri dari 1 Bintang Dua, 2 Bintang satu, 2 Kombes, 3  AKBP, 2 Kompol dan 1 AKP. Dan Ini kemungkinan masih bisa bertambah," pungkanya. [disway]

Follow
Terkoneksi dengan berbagai Sosial Media kami agar tetap terhubung dan mengetahui Informasi terkini.
Jangan Lupa Subscribe YouTube DEMOKRASI News: