logo
×

Selasa, 30 Agustus 2022

Ridwan Kamil: Saya Bersahabat dengan Anies, Presiden Jokowi Tahu Hubungan Kami, Jadi Dia….

Ridwan Kamil: Saya Bersahabat dengan Anies, Presiden Jokowi Tahu Hubungan Kami, Jadi Dia….

DEMOKRASI.CO.ID - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil membeberkan alasan Presiden Joko Widodo mendapuk dirinya dan  Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk memimpin forum Urban 20 (U20) Mayors Summit.

Dia mengatakan dirinya dan Anies Baswedan dipercayakan kepala negara lantaran keduanya sudah bersahabat sejak lama, lagi pula Provinsi DKI Jakarta dan Jawa Barat selama ini menjalin kerja sama diberbagai bidang..

Hal itu disampaikan Ridwan Kamil saat menjadi pembicara dalam opening ceremony U20, di depan delegasi perwakilan kota-kota dari negara lain. Dalam forum ini, Anies dan Ridwan Kamil menjadi Co-chair U20 Mayors Summit 2022.

"Kami dan pak Anies adalah sahabat, Presiden Jokowi tahu hubungan ini, jadi dia tidak hanya menugaskan untuk co-host untuk satu acara tetapi untuk dua acara, Urban 20 bersama-sama, Jawa Barat dan Jakarta," kata Ridwan Kamil di Hotel Fairmont, Jakarta Pusat, Selasa (30/2022).

Pria yang akrab disapa Kang Emil itu merasa bangga karena Provinsi Jawa Barat berhasil ditunjuk sebagai tuan rumah Forum U20 Mayors Summit 2022, bersama Jakarta.

"Kebanggaan untuk saya bersama pak Anies, sahabat, Gubernur DKI Jakarta untuk berada di sini Urban 20 Mayors Summit 2022," ujarnya.

Dalam sambutannya, Kang Emil turut berkeluh kesah terkait sejumlah masalah yang terjadi di Jawa Barat. Mulai dari permasalahan yang timbul akibat pandemi, pemanasan global, sampai masalah naiknya permukaan air laut.

"Sebagian tanah saya di utara Jawa Barat sudah menjadi air laut. Jadi setiap hari, saya harus berurusan dengan begitu banyak masalah karena tiga gangguan tersebut," ucap Kang Emil.

Sebagai informasi, dalam Forum U20 kelima tahun 2022 Anies juga mengundang Kepala Daerah dan Gubernur anggota G20 untuk bekerja sama dalam tiga bidang utama, yakni investasi, kesehatan dan perumahan rakyat sebagai landasan pemulihan ekonomi sosial untuk semua.

Adapun diskusi pleno yang diisi oleh para pemimpin kota membahas “Riding the waves of disruption towards a people-driven future: Fortifying cities’ human capital for the post-pandemic age”, dan “Cities for all, cities for the future: Achieving inclusive and sustainable housing, mobility, and energy in urban areas”[populis]

Follow
Terkoneksi dengan berbagai Sosial Media kami agar tetap terhubung dan mengetahui Informasi terkini.
Jangan Lupa Subscribe YouTube DEMOKRASI News: