logo
×

Selasa, 02 Agustus 2022

Tokopedia Jadi Marketplace Pilihan UMKM, Raih Seluler Award 2022

Tokopedia Jadi Marketplace Pilihan UMKM, Raih Seluler Award 2022

DEMOKRASI.CO.ID - Tokopedia kembali membuktikan diri sebagai e-Commerce terbaik tanah air. Terbukti dengan diraihnya penghargaan Selular Award 2022 dalam kategori UMKM’s Most Favorite e-Commerce.

Hal ini tidak lepas dari komitmen Tokopedia untuk terus fokus ‘go local’ demi mendorong pertumbuhan ekonomi digital di daerah.

"Ada pula inovasi yang selalu kami gaungkan yang berangkat dari komitmen ini adalah Inisiatif Hyperlocal," ujar Leontinus A Edison, Co-Founder dan Vice Chairman, Tokopedia, Selasa (2/8/2022).

Menurutnya, Inisiatif Hyperlocal hadir untuk menjawab salah satu tantangan UMKM, yaitu menjangkau lebih banyak masyarakat di berbagai penjuru Indonesia sekaligus membantu para pegiat usaha. Khususnya UMKM lokal, agar dapat terus relevan dengan perkembangan zaman dan menjadi juara di negeri sendiri.

"Inisiatif ini juga mendukung UMKM di daerah mendapatkan panggung yang seluas-luasnya, dimana mengedepankan teknologi geo-tagging untuk mendekatkan pembeli dengan penjual terdekat di domisili mereka," tambah Leontinus.

Salah satu program dan bentuk dari inisiatif hyperlocal ini, antara lain, Waktu Indonesia Belanja (WIB) Lokal; Menghadirkan festival belanja WIB dan WIB Lokal selama tanggal 25 hingga akhir setiap bulan. Para penjual di daerah dapat mendapatkan eksposur yang lebih besar dalam kampanye WIB Lokal.

Selain itu, ada Kumpulan Toko Pilihan (KTP). Bentuknya dengan mendekatkan pembeli dengan penjual terdekat dengan fitur geo-tagging, sehingga UMKM daerah memiliki peluang untuk tumbuh dan bangkit.

Tidak ketinggalan Tokopedia NOW. Sebuah layanan yang membantu masyarakat mendapatkan produk kebutuhan harian–termasuk produk sembako seperti daging, sayuran, buah-buahan, makanan ringan dan lainnya – dengan jaminan akan tiba maksimal dua jam setelah pembayaran.

Selain itu, ada Dilayani Tokopedia: sebagai layanan pemenuhan yang memungkinkan penjual di Tokopedia menitipkan stok produk di ‘gudang pintar’ di berbagai daerah, terutama di wilayah dengan jumlah permintaan tinggi.

"Dengan Dilayani Tokopedia, Tokopedia berkomitmen untuk menyediakan pengiriman yang terpercaya, cepat, dan gratis ke seluruh negeri," sambung Leontinus.

Saat ini, katanya gudang pintar Dilayani Tokopedia tersebar di Jakarta, Bandung, Surabaya, Makassar, Medan, Palembang dan akan terus bertambah di kota lainnya guna mendukung Inisiatif Hyperlocal.

Sejalan dengan inisiatif Hyperlocal, Tokopedia berkolaborasi dengan mitra strategis untuk memberikan solusi dan pelatihan komprehensif dan terfokus tidak hanya pada kota besar di Indonesia namun juga fokus ke daerah-daerah.

Program khusus untuk UMKM Indonesia, Tokopedia menghadirkan Obrolan Seller Tokopedia - acara talk show yang disiarkan secara live di Tokopedia Play (fitur live shopping dan streaming) yang membahas tips seputar bisnis dan fitur Tokopedia yang bermanfaat untuk keberlangsungan bisnis di Tokopedia.

Kemudian webinar dan beragam kelas-kelas edukasi yang rutin digelar Tokopedia untuk memberikan edukasi kepada UMKM mengenai cara berjualan yang efektif di Tokopedia seperti cara mengambil foto yang menarik, formula membuat judul produk, dan lain-lain. Pelatihan diutamakan kepada pelaku UMKM yang sudah memiliki produk siap jual, variasi produk yang beragam serta sudah memproduksi produk secara berkelanjutan.

Tokopedia juga menyediakan laman khusus untuk mengedukasi seller, yaitu Pusat Edukasi Seller Tokopedia. Laman ini dirancang untuk menjadi wadah bagi seller Tokopedia untuk bisa mendapatkan banyak informasi terbaru seputar berjualan di Tokopedia, fitur-fitur terbaru, dan cara menggunakannya.

Baru-baru ini Tokopedia juga telah menggelarkan Kelas Perempuan Maju Digital di Bali yang bertujuan untuk mendorong kapasitas pelaku UMKM Indonesia, terutama UMKM perempuan, lewat pemerataan pengetahuan berbisnis agar dapat bersaing di era digital.

Masukan informasi terkait penghargaan ini yaitu: Selular Award sudah digelar ke-19 kalinya untuk tahun ini sejak 2003. Pada tahun ini, Selular Award mengangkat tema “Winning in Digital Ecosystem”.

Selain meraih UMKM’s Best Favorite E-commerce, Tokopedia juga meraih 3 kategori lainnya di ajang Selular Award 2022. Masing-masing Most Trusted Brand, Best e-Commerce, dan Excellence in Performance untuk Bapak Leontinus A Edison, Co-Founder dan Vice Chairman. (*) [fajar] 

Follow
Terkoneksi dengan berbagai Sosial Media kami agar tetap terhubung dan mengetahui Informasi terkini.
Jangan Lupa Subscribe YouTube DEMOKRASI News: