logo
×

Kamis, 11 Agustus 2022

Washington Dianggap Salah Perhitungan soal Konflik China-Taiwan

Washington Dianggap Salah Perhitungan soal Konflik China-Taiwan

DEMOKRASI.CO.ID - Para analis politik militer China dikutip Global Times, Rabu (10/8/2022) menganggap Washington salah mengkalkulasi dampak konflik Taiwan, menyusul kunjungan Ketua DPR AS Nancy Pelosi.

Ini bisa dilihat dari Gerakan Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA) yang terus melanjutkan latihan militernya yang terbuka dan transparan di sekitar pulau Taiwan pada Selasa (9/8/2022).

Meski begitu, Presiden AS Joe Biden memperlihatkan kekhawatirannya tentang latihan militer China yang berkelanjutan.

Analis China lewat media yang dikontrol pemerintah Beijing ini, mengatakan pemerintahan Biden telah menghindari akar penyebab meningkatnya ketegangan di Selat Taiwan.

Mereka tidak mempertimbangkan secara menyeluruh konsekuensi dari tindakannya yang sembrono, yang merupakan kelemahan paling fatal dalam kebijakan Biden di China.

Hubungan lintas-selat dan China-AS menghadapi ketidakpastian dan ketidakstabilan yang meningkat dengan kemungkinan langkah yang lebih radikal oleh AS dalam mendukung pasukan separatis Taiwan.

Washington akan lebih banyak lagi menjual senjata dan pelatihan militer, serta menghasut lebih banyak politisi barat untuk mengunjungi pulau itu.

China dan AS menghadapi risiko salah perhitungan dan bahkan krisis yang tinggi karena beberapa saluran komunikasi bilateral telah dibatalkan.

Mengenai kemungkinan langkah militer AS untuk mengirim kapal perang melalui Selat Taiwan, analis China mengatakan itu lebih merupakan langkah simbolis dan murahan untuk menenangkan politisi AS, Taiwan, dan pasukan anti-China.

Mereka kesal karena militer AS tidak mengambil langkah praktis apa pun atas tindakan balasan China. Sebaliknya, PLA telah sepenuhnya siap tidak peduli bagaimana AS akan melenturkan ototnya.

Pada Senin, Biden dalam komentar publik pertamanya tentang pertanyaan Taiwan sejak kunjungan Pelosi mengklaim dia tidak khawatir tentang Taiwan tetapi khawatir tentang latihan militer China.

"Saya khawatir mereka bergerak sebanyak mereka," kata Biden kepada wartawan di Delaware. "Tapi saya tidak berpikir mereka akan melakukan sesuatu yang lebih dari mereka," lapor Reuters.

CNBC mengatakan pernyataan Biden mencerminkan pendapat yang lebih luas dalam pemerintahan Biden bahwa Beijing tidak bermaksud untuk menyerang Taiwan, setidaknya dalam waktu dekat.

China Takkan Merebut Taiwan

Ini digaungkan Wakil Menteri Pertahanan AS Colin Kahl. Ia percaya tidak mungkin China akan mencoba merebut kembali Taiwan secara militer dalam beberapa tahun ke depan.

Yang Xiyu, seorang peneliti senior di Institut Studi Internasional China, mengatakan kepada Global Times, Biden sengaja mengkritik langkah China tetapi menghindari berbicara tentang apa yang memicunya.

Mengikuti trik-trik yang sering dilakukan pemerintah Biden, Wakil Menteri Luar Negeri China Ma Zhaoxu mengatakan AS harus memikul tanggung jawab dan kewajiban internasionalnya, dan tidak membuat alasan untuk kesalahannya.

Apa yang disebut opini yang lebih luas dalam pemerintahan Biden bahwa China mungkin tidak menyelesaikan masalah Taiwan dengan kekuatan dalam beberapa tahun ke depan menunjukkan AS mungkin tidak berencana untuk menantang kedaulatan China itu.

Terutama melalui langkah-langkah berbahaya dalam waktu dekat, setidaknya tidak sebelum yang pertama Biden mass jabatan berakhir pada 2024.

Pemerintahan Biden tahu secara jelas apakah PLA akan dipaksa untuk mengambil tindakan terkait langsung dengan apakah AS akan memicu ketegangan di Selat Taiwan.

Namun, beberapa analis China percaya AS tidak akan menjatuhkan kartu Taiwan-nya, melainkan akan menciptakan lebih banyak krisis dengan mendukung pasukan separatis Taiwan secara militer dan politik.

Yang mengatakan China dan AS akan menghadapi lebih banyak konfrontasi atas pertanyaan Taiwan, dan AS kemungkinan akan mempercepat penjualan senjata ke pihak berwenang Taiwan dan meningkatkan pelatihan militer dan berbagi intelijen dengan militer Taiwan.

"AS memindahkan peralatannya yang digunakan di Ukraina sejak 2014 ke pulau Taiwan untuk mendorong klaim palsu Ukraina hari ini adalah Taiwan besok, kata Yang.

AS juga secara terbuka mencoreng langkah China di Selat Taiwan dan membandingkannya dengan operasi militer Rusia melawan Ukraina.

Sebagai tanggapan, Ma mengatakan klaim AS memiliki motif tersembunyi, dan pertanyaan Taiwan sepenuhnya merupakan urusan internal China dan berbeda dari masalah Ukraina.

Dia mengatakan AS memiliki kebiasaan mengaduk-aduk. Analis mengatakan hubungan China-AS telah memasuki periode berbahaya yang tidak stabil dengan risiko salah perhitungan dan krisis yang semakin tinggi.

Seorang ahli urusan luar negeri yang berbasis di Beijing yang meminta anonimitas mengatakan kepada Global Times AS pasti akan mengambil langkah yang lebih berisiko pada kebijakan China-nya.

Tapi baik Biden maupun Congress tidak memikirkan konsekuensinya secara menyeluruh, dan ini adalah kelemahan paling fatal bagi Biden di China.

Komando Teater Timur PLA melanjutkan latihan gabungan berorientasi pertempuran yang realistis di laut dan ruang udara di sekitar pulau Taiwan, fokus pada manuver untuk keperluan blokade Bersama.

Dari hari pertama hingga Selasa, PLA telah mempraktikkan kemampuan seperti serangan presisi jarak jauh berbasis darat, berbasis laut, dan berbasis udara serta merebut keunggulan udara dan kontrol laut termasuk pertempuran udara, serangan laut, dan perang anti-kapal selam.

Latihan di sekitar Taiwan yang diperkirakan akan menjadi rutinitas, para ahli yang dicapai oleh Global Times percaya PLA untuk berlatih dan mengasah lebih banyak kemampuannya, termasuk yang melibatkan pendaratan amfibi dan kapal induk.

Kapal serbu ampfibi Tipe 075 Guangxi baru-baru ini melakukan sejumlah latihan termasuk integrasi dengan helikopter, manuver dalam formasi dan pengisian ulang di laut melintasi beberapa wilayah laut.

Fokus latihan PLA pada blokade bersama datang setelah AS menegaskan kembali pada mereka akan terus mengirim kapal perang melalui Selat Taiwan meskipun ada latihan PLA.

"Angkatan Laut AS diperkirakan akan melakukan beberapa operasi kebebasan navigasi di wilayah tersebut dalam beberapa hari mendatang," situs web US Naval Institute USNI News mengutip pernyataan Wakil Menhan Colin Kahl. [law-justice]

Follow
Terkoneksi dengan berbagai Sosial Media kami agar tetap terhubung dan mengetahui Informasi terkini.
Jangan Lupa Subscribe YouTube DEMOKRASI News: