logo
×

Senin, 30 Januari 2023

Anak Buah Megawati Beri Respon Soal Kabar Pertemuan Presiden Jokowi denga Surya Paloh, Begini Katanya

Anak Buah Megawati Beri Respon Soal Kabar Pertemuan Presiden Jokowi denga Surya Paloh, Begini Katanya

DEMOKRASI.CO.ID - Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto soroti kabar pertemuan Presiden Jokowi dan Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh di Istana Negara, pada Kamis (26/1).

Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto menduga, pertemuan itu membahas isu-isu penting terkait kebangsaan.

“Ya bagi Pak Jokowi sebelum mengambil keputusan penting itu kan melakukan dialog pemberitahuan, misal akan ada reshuffle, Pak Jokowi melakukan pemberitahuan,” kata Hasto di kantor DPC PDIP Kota Bandung, Jawa Barat, Jumat (27/1).

Namun, Hasto menyebut pertemuan Jokowi dengan Surya Paloh, sama seperti dengan ketua umum partai politik lainnya untuk melakukan dialog. Menurut Hasto, Jokowi mempunyai kepentingan dalam menentukan jalannya pemerintahan.

“Pertemuan dengan Pak Surya Paloh ya bagaimana pertemuan dengan Ketum parpol yang lain Pak Jokowi selalu membuka pintu istana dialog untuk kepentingan bangsa dan negara. Tapi ketika dialog itu ada yang menyalahgunakan hanya untuk kepentingan politik sesaat, hanya untuk kepentingan partainya, maka Jokowi punya kewenangan untuk mengambil suatu tindakan strategis seuai kewenangan presiden,” ucap Hasto.

Meski demikian, elite PDIP ini menegaskan reshuffle kabinet sepenuhnya merupakan hak prerogatif Presiden Jokowi. Dia menegaskan, reshuffle kabinet diperlukan agar kinerja Kabinet Indonesia Maju lebih baik.

“Reshuffle kan saya berulang kali menegaskan hanya bisa terjadi atas kehendak dari presiden, karena presiden yang punya hak prerogratif untuk melakukan evaluasi ke jajaran kabinetnya PDIP, percaya bahwa ketika resufle itu dilakukan betul betul bertujuan meningkatkan efektifitas dan kinerja kabinet,” tegas Hasto.

Sebelumnya, Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin membenarkan adanya pertemuan antara Presiden Joko Widodo dan Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh di Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (26/1).

“Betul, ada pertemuan tersebut kemarin sore,” kata Bey Machmudin di Jakarta, Jumat, (27/1).

Namun, Bey tidak mengungkapkan rincian isi pertemuan Jokowi dan Surya Paloh yang disebut-sebut mendadak dan membahas soal reshuffle itu.[populis]

Follow
Terkoneksi dengan berbagai Sosial Media kami agar tetap terhubung dan mengetahui Informasi terkini.
Jangan Lupa Subscribe YouTube DEMOKRASI News: