logo
×

Senin, 30 Januari 2023

Jokowi Dikabarkan akan Lakukan Reshuffle Kabinet pada Rabu Pon 1 Februari 2023

Jokowi Dikabarkan akan Lakukan Reshuffle Kabinet pada Rabu Pon 1 Februari 2023

DEMOKRASI.CO.ID - Wakil Ketua Partai Garuda Teddy Gusnaidi membocorkan kabar bahwa akan dilakukan reshuffle kabinet oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Rabu Pon, yang jatuh pada 1 Februari 2023.

"Kabar santer bahwa Rabu Pon, tepatnya 1 Februari 2023 Presiden Jokowi akan melakukan reshuffle Menteri. Tentu menjadi hal yang positif, karena Jokowi mengganti para menteri yang tidak bisa menjalankan tugas dengan baik atau yang tidak sejalan dengan tujuan politiknya," kata Teddy pada Senin (30/1/2023).

Teddy bilang pergantian menteri merupakan hal yang biasa. Sebab menteri adalah jabatan politik, sehingga tidak ada salahnya jika presiden mengganti menteri yang sudah tidak sejalan dengan tujuan politiknya.

"Presiden dapat mengganti dengan yang sejalan dan tentu juga yang bisa menjalankan roda kementerian," sebut Teddy Gusnaidi.

Soal isu, menteri dari Partai Nasdem yang akan dicopot. Teddy menjelaskan dalam perombakan kabinet ada beberapa pertimbangan. Salah satunya soal tujuan politik yang sudah tak sejalan lagi.

"Jika Rabu Pon nanti terjadi reshuffle, artinya ada 3 hal yg mendasari itu. Pertama karena kinerja, kedua karena sudah tidak sejalan dengan tujuan politik Presiden dan yang ketiga gabungan dari keduanya, yaitu kinerja dan tidak sejalan dgn tujuan politik. Dan itu semua sah-sah saja," jelas Teddy Gusnaidi.

Dia juga menyinggung soal chemistry dalam berpolitik dan menjalankan pemerintahan.

"Dalam menjalankan roda organisasi, memang harus ada yang namanya chemistry, jika sudah tidak ada, untuk apa dipaksakan dengan berlindung dibalik kata profesionalisme? Pilihannya hanya ada 2, keluar atau dikeluarkan," ungkapnya.

Isu pergantian menteri sempat heboh usai Nasdem mendeklarasikan Anies Baswedan. Belakangan, isu itu meredam. Surya Paloh malah diundang makan siang oleh Jokowi di Istana Jakarta.

Diketahui saat ini Nasdem menempatkan 3 menteri di Kabinet Indonesia Maju. Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, Menteri Kehuhatan dan Lingkungan Hidup Siti Nurbaya dan Menteri Komunikasi dan Informatika Jhonny G Plate.[populis]

Follow
Terkoneksi dengan berbagai Sosial Media kami agar tetap terhubung dan mengetahui Informasi terkini.
Jangan Lupa Subscribe YouTube DEMOKRASI News: