logo
×

Rabu, 25 Januari 2023

NasDem Bela Mati-matian, Gak Rela Sodetan Ciliwung Disebut Mangkrak dari Zaman Anies: Kalau 6 Tahun, Berarti Djarot!

NasDem Bela Mati-matian, Gak Rela Sodetan Ciliwung Disebut Mangkrak dari Zaman Anies: Kalau 6 Tahun, Berarti Djarot!

DEMOKRASI.CO.ID - Anggota DPRD DKI Jakarta dari Fraksi Partai NasDem, Hasan Basri Umar menjelaskan  maksud pernyataan Presiden Joko Widodo yang menyebut proyek pembangunan Sodetan Kali Ciliwung sudah mangkrak selama enam tahun.

Basri menegaskan bahwa pernyataan Jokowi itu disampaikan bukan untuk menyindir kepemimpinan eks Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Sebab, Anies hanya menjabat sebagai Gubernur DKI selama lima tahun. 

Hasan kemudian menduga sindiran Jokowi  itu ditujukan kepada Djarot Syaiful Hidayat yang sempat menjabat sebagai Pelaksana Tugas Gubernur DKI Jakarta pada tahun 2017 silam menggantikan Basuki Tjahaja Purnama.

"Kalau 6 tahun kan berarti, Pak Anies kan dia cuma 5 tahun. Kalau 6 tahun berarti Djarot," kata Basri kepada wartawan di Gedung DPRD DKI Jakarta, dikutip Rabu (25/1/2023).

Hasan mengatakan, berjalannya proyek sodetan Ciliwung juga tidak semata-mata hasil jerih payah Penjabat Gubernur Heru Budi Hartono. Karena, proyek tersebut sudah dianggarkan di zaman Anies.

"Bukan, Pak Heru emang pelaksanaannya. Tapi kan anggarannya kita setujui dari zamannya Pak Anies. Jadi anggaran berjalan ini sudah disusun tahun lalu," ujarnya.

Hasan menilai, sebagian proyek tersebut juga sudah dikerjakan oleh Anies sehingga tak berselang lama ketika Heru menjabat proyek itu bisa selesai. 

"Iya, itu kan tidak. Mungkin sebelum ini sudah ada pelaksanaannya cuma belum selesai saja, begitu," pungkasnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo memuji habis kinerja Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono. Heru disebut punya kemampuan untuk melanjutkan proyek pembangunan Sodetan Kali Ciliwung di Kanal Banjir Timur (KBT), di Jakarta Timur.

Jokowi mengatakan, proyek tersebut diprediksi akan rampung pada bulan April tahun ini. Padahal proyek tersebut tak sempat tersentuh saat DKI Jakarta dipimpin oleh Gubernur Anies Baswedan.

"Sebentar lagi akan selesai mungkin April insyaallah sudah selesai Sodetan Ciliwung yang sudah berhenti enam tahun," kata Jokowi saat meninjau proyek tersebut, Selasa (24/1/2023).

Jokowi mengatakan bahwa proyek sodetan Ciliwung era Anies sempat terkendala karena ada masalah pembebasan lahan. Namun, ia tidak menyangka karena persoalan tersebut bisa diatasi dengan mudah oleh Heru Budi.

"Pembebasan. Tadi saya sampaikan. Dikerjakan oleh Pak Gubernur Heru saya gak tau pendekatannya apa tapi selesai. makanya saya ke sini tadi karena udah selesai," ujarnya.[populis]

Follow
Terkoneksi dengan berbagai Sosial Media kami agar tetap terhubung dan mengetahui Informasi terkini.
Jangan Lupa Subscribe YouTube DEMOKRASI News: