logo
×

Minggu, 19 Februari 2023

Demokrat Klaim Punya Peran Setiap Anies Baswedan Safari Politik ke Berbagai Daerah: Program Kenalkan Mas Anies Juga Lagi Disusun

Demokrat Klaim Punya Peran Setiap Anies Baswedan Safari Politik ke Berbagai Daerah: Program Kenalkan Mas Anies Juga Lagi Disusun

 

DEMOKRASI.CO.ID - Partai Demokrat mengatakan bahwa pihaknya sering terlibat dalam setiap safari poltiik Anies Baswedan ke berbagai daerah. Pernyataan tersebut disampaikan Deputi Bappilu DPP Partai Demokrat, Kamhar Lakumani 

Pendampingan itu dilakukan Demokrat melalui para pengurus partai di wilayah. Adapun pengurus Demokrat di daerah ikut berpartisipasi di safari Anies sebagai bentuk kesungguhan mendukung Anies selaku bakal capres.

"Saat ini setiap kunjungan Mas Anies ke daerah, pimpinan dan pengurus Partai Demokrat di daerah juga ikut berpatisipasi aktif dalam setiap kegiatannya," kata Kamhar kepada wartawan, Minggu (19/2/2023).

Selain berpartisipasi dalam kunjungan Anies, kekinian Demokrat juga tengah mempersiapkan program untuk memperkenalkan bakal calon presiden mereka itu.

"Program untuk memperkenalkan Mas Anies sebagai bakal capres dari Demokrat juga tengah dipersiapkan," kata Kamhar.

Kamhar menegaskan sikap Demokrat yang memang tegas mendukung Anies sebagai bakal capres, sebagaimana yang telah dinyatakan Ketua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY.

Menurut Kamhar, pernyataan AHY bahwa Anies sebagai Bacapres Partai Demokrat sudah jelas dan tegas merupakan sikap organisasi yang sah. Di mana penyampaian itu sudah merupakan bentuk deklarasi atau pernyataan sikap ke publik.

"Setiap partai punya pilihan cara sendiri-sendiri untuk mengekspresikannya dan semuanya memiliki nilai yang sama, yang terpenting adalah keabsahan keputusannya," kata Kamhar.

Sebelumnya, pengamat politik UIN Syarif Hidayatullah, Adi Prayitno menilai langkah PKS dan Partai Demokrat yang secara resmi mengusung Anies Baswedan sebagai capres hanya basa-basi belaka.

"Demokrat sama PKS tidak pernah terlihat ngajak Anies keliling, memperkenalkan Anies ke basis-basis pendukungnya di seluruh Indonesia. Selama itu tidak dilakukan, dukungan-dukungan PKS dan Demokrat hanya basa-basi," katanya pada Kamis (16/2/2023).

Menurutnya, hanya NasDem yang serius mendukung pencalonan mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut hingga sejauh ini.

Hal ini dapat dilihat dari safari NasDem ke beberapa wilayah untuk memperkenalkan Anies sebagai capres.

Adi mengatakan jika PKS dan Demokrat serius mendukung Anies, maka harus melakukan kerja-kerja politik seperti yang sudah dilakukan NasDem.

"Ajak keliling Anies seperti yang dilakukan Nasdem. Perkenalkan Anies sebagai calon presiden. Nah Demokrat dengan PKS kapan?" lanjutnya.

Melihat situasi saat ini, pengamat politik ini menyimpulkan bahwa dukungan Demokrat dan PKS kepada Anies baru sebatas permukaan.

Selain itu, ia melihat kedua partai ini berpeluang gabung dengan koalisi lain atas pertimbangan lebih menguntungkan daripada bersama NasDem dan memberikan tiket pencalonan pada Anies.

"Anies percuma bikin kriteria capres, empat, lima atau enam kalau tiket pencapresannya belum dikunci. Demokrat dan PKS sangat kelihatan wait and see," tandasnya.[populis]

Follow
Terkoneksi dengan berbagai Sosial Media kami agar tetap terhubung dan mengetahui Informasi terkini.
Jangan Lupa Subscribe YouTube DEMOKRASI News: