logo
×

Rabu, 01 Februari 2023

Relawan Anies Baswedan Ajak Partai Lain Masuk Gerbong Koalisi Perubahan

Relawan Anies Baswedan Ajak Partai Lain Masuk Gerbong Koalisi Perubahan

DEMOKRASI.CO.ID - Relawan Anies Baswedan, Sekretariat Kolaborasi Indonesia (SKI) mengapresiasi keputusan PKS mendukung eks Gubernur DKI Jakarta untuk maju sebagai calon presiden (Capres) 2024.

SKI juga mengajak partai lain untuk bergabung dengan PKS, Demokrat, dan NasDem mendukung Anies Baswedan maju Pilpres mendatang.

Relawan SKI Jawa Barat, Solihin Nurodin mengatakan, keputusan PKS ini merupakan kabar baik lantaran telah membuat Anies mengantongi tiket sebagai Capres karena memenuhi presidential thereshold 20 persen kursi parlemen.

Ia pun menyerukan masyarakat untuk bersatu guna mendukung upaya memenangkan agenda-agenda perbaikan dan perubahan di tahun 2024.

"Kami gembira PKS akhirnya menyusul deklarasi Nasdem dan Demokrat. Kami mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk turut serta dalam perjuangan mewujudkan cita-cita kemerdekaan, membangun masyarakat yang adil dan makmur serta berkeadilan sosial," ujar Solihin kepada wartawan, Rabu (1/2/2023).

Lebih lanjut, Solihin berharap agar partai-partai pengusung Anies segera meneken kesepakatan berkoalisi dan mempercepat pendirian Sekretariat Perubahan. Hal ini dinilainya penting sebagai wadah konsolidasi antar parpol dan kelompok-kelompok masyarakat pro-perubahan.

"Keputusan PKS, Nasdem dan Demokrat untuk mencapreskan Pak Anies merupakan jawaban atas doa masyarakat yang menginginkan terjadinya perbaikan dan perubahan secara demokratis di negeri ini,” tuturnya.

Solihin menambahkan, PKS, Nasdem dan Demokrat tentu mencermati dinamika yang terjadi masyarakat yang menginginkan terjadinya perubahan semakin membesar. Karena itu, ia mengajak partai lain juga ikut mendukung Anies.

"Perubahan adalah keniscayaan. Karena itu, kami menyerukan pada teman-teman yang belum bergabung, ayo ikut gerbong perubahan," pungkas Solihin.

Sebelumnya, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menyatakan dukungan penuh terhadap Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden dalam Pilpres 2024.

Wakil Ketua Majelis Syura PKS Sohibul Iman menegaskan, PKS mendukung secara penuh Anies Baswedan meski tak mendapat jatah kursi cawapres.

"Kami dari awal mengatakan selama cawapres yang dipilih mendongkrak kemenangan, siapapun dia, enggak harus kader PKS, PKS akan tetap di koalisi ini," ungkap Sohibul pada konferensi pers di Tangerang, di Tangerang, Senin (30/1).

Selanjutnya, kata Sohibul, PKS menyerahkan pemilihan bakal cawapres sepenuhnya kepada Anies. Sohibul berkata pemilihan sosok cawapres akan disandarkan pada potensi mendongkrak elektabilitas Anies.

Selain itu, Sohibul menjelaskan alasan PKS memilih Anies Baswedan sebagai capres karena memiliki elektabilitas yang berpeluang memenangkan Pemilihan Presiden 2024.

Ia menyebut partainya enggan menggunakan istilah mempunyai elektabilitas tertinggi, mengingat hasil survei masih dinamis.

"Karena dinamika hari ini tentu berbeda dengan dinamika pada saat 14 Februari 2024. Jadi yang penting dia, kalau bisa disederhanakan, masuk dalam tiga besar elektabilitas survei hari ini," kata dia.

PKS merupakan partai ketiga yang secara resmi menyatakan dukungannya kepada Anies Baswedan. Mereka menyusul Partai NasDem yang telah menyatakan dukungan sejak Oktober 2022 dan Partai Demokrat pada pekan lalu. Ketiga partai pun disebut akan segera mendeklarasikan pembentukan Koalisi Perubahan.[populis]

Follow
Terkoneksi dengan berbagai Sosial Media kami agar tetap terhubung dan mengetahui Informasi terkini.
Jangan Lupa Subscribe YouTube DEMOKRASI News: