logo
×

Jumat, 03 Februari 2023

Temukan Sejumlah Bukti, Benarkah Kantor Menag Yaqut Disegel KPK?

Temukan Sejumlah Bukti, Benarkah Kantor Menag Yaqut Disegel KPK?

DEMOKRASI.CO.ID - Video mencatut Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Quomas beredar di media sosial melalui sebuah kanal YouTube yang diunggah pada 1 Februari 2023. 

Sampul dan judul video seolah menarasikan, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyegel kantor Menag Yaqut setelah menemukan sejumlah bukti. 

"Akhirnya terbongkar... KPK TEMUKAN SEJUMLAH BUKTI KUAT KANTOR PRIBADI MENTERI GUS YAQUT LANGSUNG DISEGEL," tulis kanal tersebut pada sampul video. 

"KPK SEGEL KANTOR MENTERI AGAMA !! GUS YAKUT LANGSUNG DIGIRING || BERITA TERKINI," demikian bunyi judul video terkait. 

Kemudian video diperdengarkan untuk cek fakta, tidak ada informasi terkait KPK menyegel kantor Menag Yaqut setelah menemukan sejumlah bukti. 

Narator dalam video membacakan narasi yang sesuai dengan artikel Poskota.co.id berjudul "Lah? Gus Yaqut Disebut Kebanyakan Urus Radikal-radikul, Eh Kerjaannya Malah Diambil Luhut yang Soal Kuota Haji", tayang pada 22 Juni 2022. 

Artikel itu membahas sindiran pengamat politik Rocky Gerung terhadap Menag Yaqut terkait Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan yang mengurus kuota haji hingga bertemu dengan Putra Mahkota Arab Saudi. 

Berdasarkan hasil penelusuran, video dengan narasi KPK menyegel kantor Menag Yaqut setelah menemukan sejumlah bukti adalah tidak benar. Faktanya, pembahasan video tidak sesuai dengan narasi terkait. [populis]

Follow
Terkoneksi dengan berbagai Sosial Media kami agar tetap terhubung dan mengetahui Informasi terkini.
Jangan Lupa Subscribe YouTube DEMOKRASI News: