logo
×

Selasa, 20 Juni 2017

Dewan Pakar ICMI Pusat Ingatkan Takbir Keliling Sambut Idul Fitri Itu Perintah Agama

Dewan Pakar ICMI Pusat Ingatkan Takbir Keliling Sambut Idul Fitri Itu Perintah Agama

NUSANEWS, JAKARTA - Masyarakat terutama umat Islam resah dengan surat pengumuman Kapolda Jakarta nomor 3 / 6/17 tanggal 16 juni 2017 yang isinya agar umat Islam tidak adakan takbir keliling dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri 1438 H, hal ini supaya tidak  menganggu kamtibmas dan ketertiban umum. Untuk itu Redaksi telah minta pendapat Dewan Pakar ICMI Pusat Anton Tabah Digdoyo.

Menurut Anton, takbir yang mengkumandangkan asma Alloh dalam menyambut Hari raya idul fitri itu perintah AlQuran dan Sunnah jadi termasuk ajaran agama Islam. “Itu tersurat di AlQuran surat II ayat 185, jika telah tunai puasa ramadan agungkanlah nama Alloh wujud rasa syukur kalian,” kata Anton mengutip surat AlQuran.

“Hal itu dijelaskan juga oleh Nabi Muhammad saw dalam beberapa hadits sohih al di hadust Abudaud, Muslim, Ahmad dll,” lanjut Anton.

Anton juga menambahkan bahwa Nabi Muhammad SAW menganjurkan takbir di jalan-jalan, di pasar-pasar dan lain-lain, bahkan  ketika berangkat ke tempat-tempat sholat Idul Fitri (Id)  supaya takbir dan pulang sholat Id mengambil jalan lain, bukan jalan yang sama ketika berangkat.

“Ini dijadikan rujukan ulama se-dunia takbir keliling menyambut Hari raya Idul fitri juga Idul  adha itu termasuk ajaran agama sebagai syiar Islam sekaligus hiburan yang indah jika dikelola dengan manajemen yang benar dan baik,” pungkas Anton.

“apalagi di negara Muslim terbesar di dunia seperti di Indonesia ini, Pemerintah perlu bantu pelaksanaannya manajemennya jangan malah melarangnya,” kemuka Anton.

“Untuk itu pemerintah selaku pelayan rakyat perlu koordinasi dengan ulama setempat agar pelaksanaannya lancar aman dan nyaman,” kata Anton Tabah yang juga merupakan Wakil Ketua Komisi Hukum MUI Pusat. (gn)
Follow
Terkoneksi dengan berbagai Sosial Media kami agar tetap terhubung dan mengetahui Informasi terkini.
Jangan Lupa Subscribe YouTube DEMOKRASI News: