logo
×

Minggu, 12 Agustus 2018

Ini Penjelasan IDI Soal Tes Kesehatan Jokowi-Ma'ruf Amin Berlangsung Sekitar 12 Jam

Ini Penjelasan IDI Soal Tes Kesehatan Jokowi-Ma'ruf Amin Berlangsung Sekitar 12 Jam

NUSANEWS - Bakal capres-cawapres Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin merampungkan pemeriksaan kesehatan sekitar 12 jam di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat. Pemeriksaan Jokowi rampung dalam waktu yang lebih singkat daripada Ma'ruf Amin.

Rangkaian pemeriksaan kesehatan dilakukan sebagai syarat pencalonan keduanya untuk Pilpres 2019. Pemeriksaan dimulai sekitar pukul 08.00 WIB dan berakhir sekitar pukul 20.25 WIB.

Ketua Umum Pengurus Besar (PB) Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Ilham Oetama Marsis menjelaskan, perbedaan waktu tersebut terjadi dikarenakan terdapat perbedaan pengalaman antar keduanya. Menurut dia, sebab pemeriksaan kesehatan ini merupakan pengalaman baru bagi Ma'ruf Amin.

"Kita ingat pemeriksaan bagi pak Jokowi kan sudah 5 kali. Sedangkan bapak cawapres ini karena pertama kali," ujar Ilham, usai pemeriksaan kesehatan Jokowi-Ma'ruf Amin di RSPAD Gatot Soebroto, Minggu (12/8).

Dia pun menganalogikan pemeriksaan kesehatan itu dengan tes psikologi. Menurut dia, orang yang telah berulang kali mengikuti tes tersebut akan lebih lancar mengerjakan ketimbang orang baru pertama kali melakukan.

Ilham menyebut pemeriksaan ini merupakan rutin. "Hanya saja pakai alat-alat modern yang lebih cepat," ujar dia.

Terkait penilaian pemeriksaan, Ilham mengatakan, yang dinilai mengenai kemampuan keduanya untuk melaksanakan tugas secara fisik mandiri dalam jangka waktu 5 tahun ke depan.

Ilham menambahkan, pihaknya hanya akan menyerahkan hasil dan kesimpulan pemeriksaan kesehatan Jokowi-Ma'ruf Amin ke KPU.

Dia pun menegaskan, pihaknya tidak menyerahkan medical record atas pemeriksaan jasmani dan rohani keduanya. Sebab, itu merupakan hak bagi RSPAD sebagai rumah sakit penyelenggara.

"Yang namanya medcord jadi hak RSPAD. Yang kita serahkan hasil dan kesimpulan pemeriksaan jasmani dan rohani," ujar Ilham.

Ilham mengatakan, hasil pemeriksaan kesehatan itu nantinya akan menjadi pegangan bagi KPU untuk memutuskan yang bersangkutan dapat melanjutkan sebagai capres dan cawapres. Dia pun telah menyerahkan surat tanda selesai pemeriksaan bagi capres dan cawapres kepada keduanya.

Rangkaian kesehatan bagi Jokowi dan Ma'ruf telah dilakukan hari ini. "Kita memberikan hasil pemeriksaan kesehatan jasmani dan rohani. Hasil itu jadi pegangan KPU. Mudah-mudahan Rabu," kata Ilham.

Sesuai jadwal, bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden lainnya, Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno akan melaksanakan pemeriksaan kesehatan pada besok hari (13/8). Dia menuturkan, setelah selesai pemeriksaan kesehatan bagi kedua paslon tersebut, maka dua hari setelahnya, pihaknya akan menyampaikan hasil dan kesimpulan itu kepada KPU.

"Kita saat penyerahan ke KPU ada konferensi pers. Pihak KPU akan kita dampingi," imbuhnya.

SUMBER
Follow
Terkoneksi dengan berbagai Sosial Media kami agar tetap terhubung dan mengetahui Informasi terkini.
Jangan Lupa Subscribe YouTube DEMOKRASI News: