logo
×

Selasa, 23 Oktober 2018

Faisal Basri Ungkap Fakta Miris Kemiskinan di Desa, Jokowi Benar-benar Tidak Tahu

Faisal Basri Ungkap Fakta Miris Kemiskinan di Desa, Jokowi Benar-benar Tidak Tahu

NUSANEWS - Mayoritas masyarakat pedesaan di Indonesia masih hidup dalam lembah kemiskinan. Sebagian besar dari mereka berprofesi sebagai petani.

Ekonom, Faisal Basri membeberkan, sedikitnya 61 persen angka kemiskinan masih berada di pedesaan.

Dengan kata lain, pembangunan sektor pertanian yang kini sedang digenjot oleh pemerintah, belum berdampak pada kesejahteraan para petani.

“Indonesia telah menggantungkan ekonominya pada sektor jasa, sehingga 61 persen angka kemiskinan ada di pedesaan,” ujarnya dalam acara diskusi publik bertajuk ‘Kedaulatan Pangan’ yang digelar Fraksi Partai Gerindra di Gedung Parlemen, Jakarta, Senin (22/10).

Faisal mengaku heran dengan data tersebut. Sebab, desa saat ini telah mendapat anggaran langsung dari APBN yang jumlahnya tidak sedikit. Dia menduga, anggara dana desa itu hanya dinikmati oleh segelintir elite di desa.

“Ada apa di desa? Apa dana desa itu hanya dinikmati oleh elite desa,” tegasnya.

Hal lain yang menjadi sorotannya adalah soal kepemilikan tanah di desa. Menurutnya, saat ini tanah di desa masih banyak dikuasai oleh perusahaan.

“Gini rasio kepemilikan tanah hingga tahun 2013 juga masih tinggi. Ini karena masih dikuasai oleh korporasi sehingga petani hanya menjadi petani gurem,” pungkasnya.


SUMBER
Follow
Terkoneksi dengan berbagai Sosial Media kami agar tetap terhubung dan mengetahui Informasi terkini.
Jangan Lupa Subscribe YouTube DEMOKRASI News: