logo
×

Minggu, 11 November 2018

Permukaan Air Citarum Naik, Warga Kabupaten Bandung Waswas

 Permukaan Air Citarum Naik, Warga Kabupaten Bandung Waswas

NUSANEWS - Permukaan air Sungai Citarum terus naik dengan cepat. Sebab, hujan turun setiap hari di wilayah Kabupaten Bandung. Ihwal ini warga di sepanjang aliran Sungai Citarum waswas.

"Ya, siap-siap aja. Kita enggak tahu kapan air masuk ke rumah," ujar Rohman (48) warga Kampung Haur Hapit, Desa Bojongsari, Kec. Bojongsoang, Kabupaten Bandung, seperti dilansir Kantor Berita RMOLJabar, Minggu (11/11).

Seperti musim hujan sebelumnya, beberapa kampung di pinggir sungai Citarum kerap dilanda banjir akibat limpasan sungai terbesar di Jawa Barat tersebut. Beberapa diantaranya ada di Desa Bojongsari, terutama kampung-kampun yang ada di sekitar pertemua sungai anak sungai Citarum dengan Sungai Citarum.

Menurut Rohman ada beberapa daerah yang sering mengalami banjir cukup parah, yakni: Darah Andir, Sumur Bandung dan dayeuh kolot. Sementara Kampung Haur Hapit sendiri jarang terkena banjir karena wilayahnya terletak di daerah yang agak tinggi.

"Paling sekali-kali air naik hingga ke jalan dan beberapa rumah, itu pun kalau air citarum lagi besar-besarnya," ujar pria berbaju hitam tersebut.

Sementara itu Agus warga Komplek Bumi Sari Indah Kelurahan manggahan Kecamatan Bale Endah berharap permukaan Citarum tak terus naik, pasalnya dia harus menempuh rute yang sangat jauh ke tempat kerjanya, saat air Citarum naik hingga ke jalan-jalan di sepanjang Daerah Aliran Sungai.

"Kadang saya terpaksa harus muter ke Sapan, terus ke Gedebage buat sampai ke tempat kerja," sebutnya. [jto]

SUMBER
Follow
Terkoneksi dengan berbagai Sosial Media kami agar tetap terhubung dan mengetahui Informasi terkini.
Jangan Lupa Subscribe YouTube DEMOKRASI News: