logo
×

Selasa, 25 Februari 2020

Genangan Berangsur Surut, Anies: Ini Tanda Positif, Alhamdulillah

Genangan Berangsur Surut, Anies: Ini Tanda Positif, Alhamdulillah

DEMOKRASI.CO.ID - Banjir yang melanda sejumlah wilayah di Ibukota sejak tadi pagi, berangsur-angsur mulai surut. Pintu Air Manggarai yang tadi pagi menunjukkan ketinggian air dalam status siaga satu dengan ketinggian 965 cm, pada sore hari ini sudah turun menjadi siaga tiga.

"Pada musim hujan normalnya di sini adalah 600 cm sehingga ada kenaikan 3,6 meter ketinggian permukan air. Sore ini sudah turun hingga 850. Ini tanda positif Alhamdulillah," ungkap Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat ditemui di lokasi Pintu Air Manggarai, Selasa (25/2).

Tak hanya itu, Anies juga menjelaskan bahwa tadi pagi jumlah Rukun Warga (RW) yang tercatat tergenang banjir ada 294. Namun pada sore ini sudah turun dan hanya tersisa 236 RW lagi yang masih tergenang.

Selanjutnya terkait jalan Jakarta yang berjumlah 1522 ruas, Anies menuturkan 72 ruas jalan masih mengalami genangan.

"Artinya permukaan airnya di atas 30 cm, artinya tidak bisa dilewati," jelas Anies.

Selain itu, saat ini Pemprov DKI mencatat ada 74 lokasi pengungsian. Namun untuk jumlah pengungsi sendiri tidak bisa dipastikan karena pengungsi tersebut datang dan pergi. Kendati begitu, Anies menyatakan kurang lebih berkisar 12 ribu hingga 15 ribu.

"Dinas Sosial menyiapkan makanan yang cukup untuk semuanya," imbuh Anies.

Selanjutnya untuk sekolah terdampak banjir hari ini,  Anies menerangkan jumlahnya ada 375 sekolah. Jumlah itu sekitar 4,7 persen dari total sekolah yang ada di Jakarta.

Untuk perkembangan  sekolah sendiri sampai sore ini mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu

masih menunggu laporan.

"Memang air telah berangsur-angsur surut. Permukaan air laut juga puncaknya jam 11 siang, langsung berangsur-angsur surut hingga jam 7 malam ini. Lalu dari pukul 7 akan mulai pasang lagi. Jadi kita mengejar untuk mengalirkan air-air ini," tandas Anies.
Follow
Terkoneksi dengan berbagai Sosial Media kami agar tetap terhubung dan mengetahui Informasi terkini.
Jangan Lupa Subscribe YouTube DEMOKRASI News: