logo

Kamis, 26 Maret 2020

Beroperasi 3 Hari, RS Darurat Corona Wisma Atlet Rawat 208 Pasien

Beroperasi 3 Hari, RS Darurat Corona Wisma Atlet Rawat 208 Pasien

DEMOKRASI.CO.ID - Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet menerima sejumlah pasien terkait virus Corona atau COVID-19. Totalnya sejauh ini sudah ada 208 pasien yang diterima di RS tersebut.

"RS ini sudah mulai operasional sejak 23 maret lalu tepatnya pada pukul 17.30 WIB. Sampai dengan saat ini pasien yang sudah diterima di RS itu total sampai pagi ini ada 208," kata Pangdam Jaya, Mayjen Eko Margiyono saat konferensi pers secara online di akun youtube BNPB, Kamis (26/3/2020).

Eko mengatakan RS darurat ini terus mendapat tambahan pasien. Menurutnya pada hari pertama RS ini menerima 74 pasien, lalu pada hari kedua pasien terkait Corona bertambah menjadi 178 pasien.

"Jadi hari pertama 24 (Maret 2020) pagi itu 74 (pasien), kemudian pada 25 pagi itu 178, dan pagi ini sudah menjadi 208 pasien," ucapnya.

Kemudian Eko menjelaskan cara agar bisa dirawat RS darurat ini. Dia menyebut bagi masyarakat yang mengalami gejala atau yang terpapar Corona bisa langsung datang ke lokasi atau dengan menghubungi call center 119.

"Kami ingin sampaikan juga banyak yang bertanya, gimana agar bisa berobat di RS ini? Pertama adalah mandiri, apabila alami gejala atau pernah kontak dengan pasien Corona bisa langsung datang ke wisma atlet atau bisa call center 119, dan bisa juga apabila ada rujukan dari RS RS," ujarnya.

Dia juga memastikan RS darurat Wisma Atlet ini hanya dikhususkan untuk pasien terpapar Corona dengan kategori ringan sampai sedang. Sementara, pasien dengan kategori berat akan dirujuk ke RS khusus penanganan Corona.

"Wisma atlet ini RS ini memang dibangun didirikan untuk menangani kusus yang terkena covid-19 yang kategori tingkat ringan sampai maksimal sedang, bagaiman kondisinya berat? Maka ini akan dirujuk ke RS RS rujukan, apakah RSPI SS atau RS Persahabatan," sebut Eko(dtk)
loading...