logo
×

Selasa, 26 Mei 2020

Masyarakat Arus Bawah Minta Jokowi Dan Rizal Ramli Islah

Masyarakat Arus Bawah Minta Jokowi Dan Rizal Ramli Islah

DEMOKRASI.CO.ID - Dua tokoh nasional Presiden Joko Widodo dan ekonom DR. Rizal Ramli diminta untuk menyatukan kembali kekuatan mereka demi menghadapi berbagai tantangan yang ada di depan mata.

Permintaan agar Jokowi dan Rizal Ramli “islah” mengalir dari arus bawah.

Tokoh senior Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) dari Ambon, Maluku, Nehemia Lawalata, misalnya, dalam keterangannya baru-baru ini mengatakan bahwa Jokowi membutuhkan sosok seperti Rizal Ramli yang dalam berbagai kesempatan terbukti dapat membawa negara keluar dari krisis perekonomian.

Rizal Ramli pernah menjadi Kepala Badan Urusan Logistik (Bulog), Menko Perekonomian, dan Menteri Keuangan, di era Abdurrahman Wahid. Sebelum itu, ia adalah penasehat ekonomi Fraksi ABRI di DPR dan MPR RI. Rizal juga pernah menjadi anggota Panel Ahli PBB. Ia juga kerap diundang pemerintahan negara sahabat untuk memberikan saran mengenai jalan pembangunan.

Di sisi lain, sebut Nehemia Lawalata, pemerintah sudah sepatutnya realistis dan menyadari bahwa perekonomian nasional ambruk akibat kesalahan kelompok pendukung neoliberalisme di dalam kabinet yang diwakili Sri Mulyani dan pandemi Covid-19.

Dalam situasi sulit ini, menurut Nehemia Lawalata, seperti diberitakan media, Rizal Ramli dapat diberi kepercayaan untuk menduduki semacam posisi menteri utama atau perdana menteri.

“Kita inginkan RR bersedia masuk kabinet sebagai PM atau Menteri Utama demi keselamatan bangsa dan negara,” ujar Nehemia Lawalata.

Rizal Ramli pernah membantu Jokowi dalam periode pertama pemerintahannya. Ketika itu dia dipercaya menjadi Menko Maritim dan Sumber Daya. Dalam posisi ini Rizal juga mencatat sejumlah prestasi.

Setelah tidak menjabat sebagai menteri, hubungan Jokowi dan Rizal Ramli tetap terjalin baik. Dengan gayanya yang khas, Rizal kerap memberikan masukan kepada pemerintah dalam berbagai isu. Dalam beberapa waktu belakangan ini, berbagai saran Rizal Ramli itu pun diikuti pemerintah. 

Hal lain yang disampaikan Nehemia Lawalata adalah potensi dan kemungkinan gangguan keamanan, instabilitas, hingga separatisme di masa depan. Bila pemulihan ekonomi tidak berjalan efektif dan wabah Covid-19 tidak bisa dibasmi atau setidaknya diredam penyebarannya, maka kelompok yang kecewa cenderung ingin memisahkan diri dari NKRI mendapat amunisi untuk melancarkan aksi mereka.

Nehemia Lawalata mengingatkan, sebagai seorang individu, Rizal Ramli memiliki latar belakang sosial yang komplit. Rizal Ramli memiliki hubungan baik dan erat dengan dua organisasi masyarakat Muslim terbesar di Indonesia, NU dan Muhammadiyah, juga memiliki basis dukungan yang tidak kecil di bagian timur Indonesia.[rmol]
Follow
Terkoneksi dengan berbagai Sosial Media kami agar tetap terhubung dan mengetahui Informasi terkini.
Jangan Lupa Subscribe YouTube DEMOKRASI News: