logo
×

Rabu, 20 Mei 2020

Menristek: Corona Punya Daya Tular 20 Kali Lebih Kuat dari SARS

Menristek: Corona Punya Daya Tular 20 Kali Lebih Kuat dari SARS

DEMOKRASI.CO.ID - Menteri Riset dan Teknologi Bambang Brodjonegoro mengungkapkan bahwa daya tular virus Corona (COVID-19) berjenis SARS-CoV-2 lebih kuat daripada virus SARS berjenis SARS-CoV-1. Daya tularnya 20 kali lebih kuat.

"Kita ketahui bersama bahwa COVID-19 memiliki daya tular 20 kali lebih kuat dibanding SARS," ujar Bambang dalam acara peluncuran produk riset, teknologi, dan inovasi untuk percepatan penanganan COVID-19 yang disiarkan saluran YouTube Setpres, Rabu (20/5/2020).

Karena itu, Bambang mengatakan konsorsium COVID-19 yang dikoordinasi pihaknya berupaya dalam upaya pencegahan dan pengobatan terapi yang efektif. Bambang juga mengucapkan terima kasih kepada para pihak yang telah terlibat dalam pengembangan inovasi alat-alat kesehatan tersebut. Dia pun ingin agar sertifikasi produk inovasi peneliti konsorsium dapat digunakan untuk jangka Panjang.

Secara khusus, saya ingin meminta agar sertifikasi produk inovasi peneliti konsorsium tidak hanya digunakan selama pandemi, tapi juga untuk jangka Panjang sehingga dapat mendorong kemandirian produksi alat Kesehatan dalam Negeri," ucap Bambang.

Dalam hal ini, Indonesia juga membuat produk riset untuk penanganan COVID-19, yaitu:

1. PCR Test Kit COVID-19
2. Rapid Diagnostics Test IgG/IgM COVID-19
3. Emergency Ventilator #BPPT3S - VENT-I
4. Imunomodulator Herbal Asli Indonesia
5. Plasma Convalesence
6. Mobile Lab BSL-2
7. Sistem AI untuk Deteksi COVID-19
8. Medical Assistant Robot Raisa - Autonomous UVC Mobile Robot
9. Powered Air Purifying Respirator

(dtk)
Follow
Terkoneksi dengan berbagai Sosial Media kami agar tetap terhubung dan mengetahui Informasi terkini.
Jangan Lupa Subscribe YouTube DEMOKRASI News: