logo
×

Kamis, 02 Juli 2020

Fadli Zon: BPIP Cuma Buang-Buang Uang, Bubarkan Saja

Fadli Zon: BPIP Cuma Buang-Buang Uang, Bubarkan Saja

DEMOKRASI.CO.ID - Anggota DPR dari Fraksi Partai Gerindra, Fadli Zon, menolak usulan Politikus PDIP, Ahmad Basarah, agar nomenklatur RUU Haluan Ideologi Pancasila (HIP) dikembalikan menjadi RUU Pembinaan Ideologi Pancasila (PIP) untuk memperkuat Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP). Menurut dia, keberadaan BPIP tidak diperlukan baik maka lebih dibubarkan saja.

“Apalagi yang mau dibina, BPIP itu menurut saya lembaga tidak penting, seharusnya dibubarkan saja. BPIP hanya redundant, buang-buang uang, buang resources, dan tumpang tindih,” kata Fadli di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (7/1).

Basarah sebelumnya mengusulkan agar nomenklatur RUU HIP dikembalikan ke awal, yakni RUU PIP. Saat DPR mengumumkan Program Legislasi Nasional (Prolegnas) 2020 pada 17 Desember 2019, nama RUU itu masih mencantumkan kata ‘pembinaan’. Namun, pada rapat ketiga kata ‘pembinaan’ itu hilang, dan diubah menjadi ‘haluan’ ideologi pancasila, hingga akhirnya menjadi rancangan draf.

Basarah mengatakan, kekeliruan itu harus diperbaiki, namun tidak boleh mengubah subtansi dan kebutuhan hukum yang diperlukan bangsa ini atas lahirnya undang-undang untuk memayungi tugas pembinaan ideologi pancasila. Selama ini, tugas dan fungsi (tupoksi) pembinaan ideologi pancasila diberikan kepada BPIP. Badan tersebut baru memiliki payung hukum berupa peraturan presiden (perpres). Itu artinya, presiden selanjutnya bisa saja membubarkan BPIP. (*)
Follow
Terkoneksi dengan berbagai Sosial Media kami agar tetap terhubung dan mengetahui Informasi terkini.
Jangan Lupa Subscribe YouTube DEMOKRASI News: