logo
×

Selasa, 08 September 2020

Sering Diskreditkan Islam, PA 212 Blak-Blakan Bongkar Faham yang Dianut Menag Fachrul Razi

Sering Diskreditkan Islam, PA 212 Blak-Blakan Bongkar Faham yang Dianut Menag Fachrul Razi

DEMOKRASI.CO.ID - Wasekjen DPP PA 212, Novel Bamukmin mengungkapkan, ada beberapa faktor yang melatar belakangi Menag Fachrul Razi yang hanya terus mengurusi faham- faham radikalisme.

Salah satunya, bekal pemahaman Menag terhadap islam tak mumpuni. Selain itu, jajaran orang- orang dekat Menag juga tak punya pemahaman cukup terhadap makna radikalisme yang sebenarnya.

“Dari SEPILIS (Sekularisme, Pluralisme, dan Liberalisme) faktor inilah yang diduga melatar belakangi menag saat ini yang mungkin dikelilingi oleh para SEPILIS sehingga pikirannya menjadi ngawur,” kata Novel saat dihubungi Pojoksatu, Selasa (8/9/2020).

Anak buah Habib Rizieq itu lantas menilai faktor pemahaman Sepilis itulah yang menyebabkan Menag kerap mengkambing hitamkan islam.

“Kemungkaran apapun pasti dibela dan sejalan dengan faham SEPILIS bahkan ulama yang membela agama malah dikriminalisasi,” ungkapnya.

Karena itu, kata Novel, harus Menag menggalakkan pembekalan kapada para dai di untuk memberikan pemahaman kepada umat tentang bahayanya keberadaam penista agama di Indonesia.

“Seorang Menag seharusnya cerdas bisa membaca situasi saat ini di mana saat ini Indonesia menjadi surga buat penista agama untuk itu para dai diajak untuk memberikan pencerahan kepada umat islam bahwa agama harus dijaga,” ungkap Novel.

Sebelumnya, Menteri Agama Fachrul Razi akan menerapkan program sertifikasi penceramah bagi semua agama mulai bulan ini. Ia menyatakan pada tahap awal bakal ada 8.200 orang akan mendapatkan sertifikasi penceramah.

Fachrul menegaskan program penceramah bersertifikat ini diberlakukan untuk semua agama. Meski demikian, penyelenggaraan program tersebut sengaja tidak digelar secara mengikat oleh Kemenag.

Program ini, kata dia, bisa diikuti bagi penceramah yang berkenan mengikutinya atau bersifat sukarela.

“Untuk semua agama, sukarela, ada sedikit gesekan gak setuju gak apa apa. kita lanjut terus,” kata Fachrul dalam webinar ‘Strategi Menangkal Radikalisme Pada Aparatur Sipil Negara’ di kanal Youtube Kemenpan RB, Rabu (2/9/2020).

Fachrul mengklaim program tersebut turut bekerja sama dengan berbagai pihak. Ia mengatakan Kemenag turut menggandeng seluruh majelis keagamaan, ormas keagamaan, Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) hingga Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP).
Follow
Terkoneksi dengan berbagai Sosial Media kami agar tetap terhubung dan mengetahui Informasi terkini.
Jangan Lupa Subscribe YouTube DEMOKRASI News: