logo
×

Rabu, 28 Oktober 2020

Arab Saudi Kecam Karikatur Nabi, Prancis Minta Warganya di RI Waspada

Arab Saudi Kecam Karikatur Nabi, Prancis Minta Warganya di RI Waspada

 


DEMOKRASI.CO.ID - Arab Saudi mengecam publikasi karikatur Nabi Muhammad yang menyinggung umat Muslim. Sementara otoritas Prancis mengimbau warganya di negara-negara mayoritas Muslim, termasuk Indonesia, untuk waspada di tengah maraknya protes atas karikatur Nabi Muhammad.

Kerajaan Saudi juga mengecam segala bentuk tindakan teroris dan menyerukan agar kebebasan intelektual dan budaya bertujuan untuk mempromosikan rasa hormat, toleransi dan perdamaian.

Sementara itu, Kementerian Luar Negeri Prancis mengimbau warganya di negara-negara mayoritas Muslim untuk mengambil tindakan pencegahan dan keamanan ekstra dengan adanya gelombang kemarahan atas karikatur Nabi Muhammad.

Selain berita tersebut, berikut ini berita-berita internasional yang menarik perhatian pembaca detikcom, hari ini, Selasa (27/10/2020):

Cetak Rekor Tertinggi, Malaysia Catat 1.240 Kasus Corona Sehari

Penularan kasus virus Corona (COVID-19) di Malaysia masih terus meningkat. Otoritas Malaysia melaporkan 1.240 kasus Corona dalam sehari, yang mencetak rekor sebagai tambahan kasus harian tertinggi selama pandemi Corona merajalela di negara ini.

Seperti dilansir kantor berita Bernama, Selasa (27/10/2020), Direktur Jenderal (Dirjen) Kesehatan pada Kementerian Kesehatan Malaysia, Dr Noor Hisham Abdullah, dalam pengumuman pada Senin (26/10) waktu setempat melaporkan bahwa 1.240 kasus Corona tercatat dalam 24 jam terakhir.

Angka tersebut mencetak rekor baru untuk tambahan kasus Corona harian tertinggi yang pernah tercatat di wilayah Malaysia.

Senat AS Loloskan Amy Coney Barrett Jadi Hakim Agung Terbaru

Senat Amerika Serikat (AS) meloloskan hakim konservatif Amy Coney Barrett yang dicalonkan Presiden Donald Trump, menjadi hakim agung terbaru untuk Mahkamah Agung AS. Barrett berhasil mendapatkan dukungan mayoritas dalam voting yang baru saja digelar oleh para Senator AS.

Seperti dilansir AFP dan Reuters, Selasa (27/10/2020), voting untuk menetapkan Barrett menjadi hakim agung digelar oleh Senat AS pada Senin (26/10) waktu setempat. Hasilnya menunjukkan 52 suara mendukung Barrett dan 48 suara menolaknya.

Hasil tersebut tampaknya sejalan dengan garis Partai Republik yang kini menguasai Senat AS. Para politikus Republikan memberikan tepuk tangan saat hasil voting diumumkan.

Arab Saudi Kecam Publikasi Karikatur Nabi Muhammad

Otoritas Arab Saudi melontarkan kecaman untuk publikasi karikatur Nabi Muhammad yang menyinggung umat Muslim. Otoritas Saudi juga mengecam setiap upaya untuk mengaitkan Islam dengan terorisme.

Seperti dilansir Arab News dan Reuters, Selasa (27/10/2020), kecaman itu disampaikan oleh seorang pejabat Kementerian Luar Negeri Saudi seperti dilaporkan kantor berita Saudi Press Agency (SPA).

Kecaman ini disampaikan otoritas Saudi tanpa menyebut langsung soal situasi terkini di Prancis.

Tidak disinggung juga soal seruan yang sedang marak di beberapa negara mayoritas Muslim untuk memboikot produk-produk Prancis, setelah Presiden Emmanuel Macron menyampaikan komentar yang dianggap menyerang Islam dan mendorong publikasi karikatur Nabi Muhammad.

Puluhan Ribu Warga Bangladesh Turun ke Jalan Ikut Demo Anti-Prancis

Puluhan ribu warga Bangladesh turun ke jalanan ibu kota Dhaka dalam unjuk rasa anti-Prancis. Dalam aksinya, demonstran menyerukan pemboikotan produk-produk Prancis dan membakar boneka Presiden Emmanuel Macron yang dikecam karena membela publikasi karikatur Nabi Muhammad.

Seperti dilansir AFP, Selasa (27/10/2020), kepolisian setempat memperkirakan ada lebih dari 40 ribu demonstran yang ikut aksi protes yang digelar oleh Islami Andolon Bangladesh (IAB), salah satu partai Islamis terbesar di Bangladesh.

Demonstran memulai aksinya di depan salah satu masjid terbesar di Bangladesh dan aksi long march mereka dihentikan sebelum berhasil mencapai Kedutaan Besar Prancis di Dhaka. Dalam aksinya, demonstran meneriakkan ‘boikot produk Prancis’ dan meminta Macron dihukum.

Marak Protes, Prancis Minta Warganya di Negara Muslim Termasuk RI Waspada

Otoritas Prancis memperingatkan warganya yang tinggal atau bepergian di sejumlah negara mayoritas Muslim, termasuk Indonesia, untuk mengambil tindakan pencegahan dan keamanan ekstra dengan adanya gelombang kemarahan atas karikatur Nabi Muhammad.

Seperti dilansir Reuters, Selasa (27/10/2020), Kementerian Luar Negeri Prancis merilis imbauan keamanan terbaru untuk warga negaranya yang ada di Indonesia, Bangladesh, Irak dan Mauritania. Setiap warga negara Prancis yang ada di negara-negara tersebut diimbau untuk lebih berhati-hati.

Dalam pernyataan tambahan, Kedutaan Besar Prancis di Turki juga merilis imbauan serupa untuk setiap warga Prancis di negara tersebut. Presiden Recep Tayyip Erdogan menjadi salah satu pengkritik paling keras terhadap pemerintah Prancis.

Imbauan keamanan itu menyatakan warga negara Prancis harus menjauhi aksi protes atas karikatur Nabi Muhammad dan menghindari setiap acara perkumpulan publik di negara-negara tersebut.

Artikel Asli

Follow
Terkoneksi dengan berbagai Sosial Media kami agar tetap terhubung dan mengetahui Informasi terkini.
Jangan Lupa Subscribe YouTube DEMOKRASI News: